Hitstat

19 February 2019

Lukas - Minggu 2 Selasa


Pembacaan Alkitab: Luk. 10:33-35; 2:8-10
Doa baca: “Kata malaikat itu kepada mereka, 'Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa.'” (Luk. 2:10)


Kristus yang Hidup di dalam Kita


Hari ini Kristus yang hidup di dalam kita adalah Kristus yang memiliki kebajikan insani yang diperkaya dan diperkuat oleh atribut ilahi. Sewaktu Dia berada di bumi, Dia menempuh suatu kehidupan dalam standar moralitas yang tertinggi. Kehidupan yang demikian adalah satu susunan dari atribut ilahi dan kebajikan insani. Memang, Tuhan Yesus menempuh kehidupan yang demikian di luar murid-murid, tetapi sejak kebangkitan-Nya, Dia menempuh kehidupan yang demikian ini di dalam kaum beriman. Ini berarti bahwa di dalam kita hari ini, Manusia-Penyelamat ini masih tetap menempuh suatu kehidupan dalam standar moralitas yang tertinggi, suatu kehidupan yang merupakan susunan dari atribut ilahi dan kebajikan insani. Jika kita nampak hal ini, kita akan berkata bersama Paulus, “Bukan lagi aku sendiri yang hidup, melainkan Kristus yang hidup di dalam aku” (Gal. 2:20). Kehidupan yang Dia tempuh di bumi itu sekarang hendak ditempuhnya di dalam kita.

Injil Lukas menyajikan sang Penyelamat sebagai seorang Manusia yang sejati, bermoral, dan sempurna. Manusia ini mewahyukan Allah di tengah-tengah manusia melakukan kasih karunia penyelamatan-Nya kepada manusia yang telah jatuh. Dalam Injil Lukas, Allah diwahyukan sebagai seorang Manusia yang menyelamatkan orang-orang dosa oleh kasih karunia-Nya.

Dalam kitab ini terdapat satu gambaran seorang Manusia yang sejati, bermoral, dan sempurna, seorang Manusia yang mewahyukan Allah dalam kasih karunia penyelamatan-Nya kepada manusia yang telah jatuh. Manusia ini bukan mewahyukan diri-Nya sendiri. Sebaliknya, Dia mewahyukan Allah dalam kasih karunia penyelamatan-Nya. Dalam segala sesuatu yang Dia lakukan dan katakan, Dia adalah seorang Manusia yang sejati, lengkap, bermoral, dan sempurna yang mewahyukan Allah.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 2

No comments: