Hitstat

22 February 2019

Lukas - Minggu 2 Jumat


Pembacaan Alkitab: Luk. 1:21-35
Doa baca: “Sesungguhnya Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.” (Luk. 1:31)


Keterkandungan Manusia-Penyelamat


Manusia-Penyelamat ini dikandung dari Roh Kudus dengan esens ilahi (Luk. 1:35) dalam seorang dara manusia dengan esens insani. Dalam Lukas 1:25-26 terdapat catatan tentang keterkandungan-Nya. Galilea adalah sebuah daerah yang tidak terkenal, dan Nazaret adalah sebuah kota yang diremehkan orang. Dara Maria hidup di sebuah kota yang diremehkan, di suatu wilayah yang tidak memiliki ketenaran, namun Maria adalah keturunan keluarga raja dari Raja Daud. Dalam ayat 31 malaikat Gabriel berkata, “Sesungguhnya Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.” “Yesus” adalah bahasa Yunani yang sama dengan Yosua dalam bahasa Ibrani (Bil. 13:16), yang berarti Yehova Juruselamat atau keselamatan Yehova. Maka, Yesus bukan hanya seorang Manusia melainkan Yehova, yang menjadi keselamatan kita. Jadi, Dia adalah Penyelamat kita, Dia adalah Yosua kita yang membawa kita masuk ke dalam perhentian (Ibr. 4:8; Mat. 11:28-29), yang adalah diri-Nya sendiri sebagai tanah permai bagi kita.

Manusia-Penyelamat dikandung dari Roh Kudus. Matius 1:18 dan 20 memberi tahu kita bahwa Maria “mengandung dari Roh Kudus”, dan “anak yang di dalam kandunganya adalah dari Roh Kudus”. Ini menunjukkan bahwa esens ilahi yang berasal dari Roh Kudus telah terkandung dalam rahim Maria sebelum dia melahirkan Yesus. Keterkandungan dari Roh Kudus dalam anak dara manusia, yang digenapkan dengan esens ilahi dan insani, menyusun satu pembauran antara sifat ilahi dengan sifat insani, menghasilkan seorang Manusia-Allah, yaitu seorang yang adalah Allah yang lengkap juga manusia yang sempurna, memiliki sifat ilahi dan sifat insani secara nyata, tetapi tidak menghasilkan sifat ketiga. Inilah Persona Yesus yang paling ajaib dan paling unggul – Yehova Sang Penyelamat


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 3

No comments: