Hitstat

16 April 2019

Lukas - Minggu 10 Selasa


Pembacaan Alkitab: Luk. 8:11-15
Doa baca: “Yang jatuh di tanah yang baik itu ialah orang-orang yang setelah mendengar firman itu, menyimpannya dalam hati yang baik dan mengeluarkan buah dalam ketekunan.” (Luk. 8:15)


Mengajar dengan Perumpamaan-perumpamaan


Catatan perumpamaan tentang penabur dalam Lukas 8:4-15 adalah untuk memperlihatkan kepada kita bahwa sebagai orang-orang yang hidup dalam damai sejahtera, mengikuti Tuhan, dan melayani Dia, kita harus bertumbuh dalam hayat. Lukas 8:5a mengatakan, “Adalah seorang penabur keluar untuk menaburkan benihnya.” Penabur adalah Tuhan sendiri, dan benih adalah firman itu dengan Tuhan di dalamnya sebagai hayat. Kemudian, Tuhan juga menyebutkan keempat macam tanah yang menandakan empat macam keadaan hati manusia.

Hati yang pertama seperti tanah yang “di pinggir jalan” (Luk. 8:5) adalah hati yang terlalu banyak dilintasi hal-hal duniawi, sehingga Kristus tidak bisa bertumbuh karena telah menjadi hati yang keras oleh lalu lintas duniawi. Hati yang kedua ialah seperti tanah yang “berbatu-batu” (8:6,13), yang hanya memiliki tanah pada permukaan saja, tetapi dasarnya penuh dengan batu-batu. Orang yang demikian mungkin telah menerima Kristus dan beroleh selamat, namun Kristus sulit bertumbuh karena adanya “batu-batu” yaitu dosa-dosa yang tersembunyi, keinginan pribadi, tuntutan pribadi dan iba diri yang menghalangi benih itu untuk berakar dalam lubuk hati. Yang ketiga, benih itu jatuh “di tengah semak duri, dan semak duri itu tumbuh bersama-sama dan menghimpitnya sampai mati”. Semak duri melambangkan kekhawatiran akan kekayaan, dan kenikmatan hidup. Hal-hal itu menghimpit firman Tuhan dan menghambat pertumbuhannya dalam hati kita sehingga tidak dapat menghasilkan buah. Hati yang keempat dilambangkan oleh tanah yang baik. Tanah yang baik ini melambangkan hati yang baik, hati yang tidak menjadi keras karena lalu lintas duniawi, hati yang tidak memiliki dosa-dosa yang tersembunyi dan tanpa kekhawatiran zaman ini, tanpa tipu daya kekayaan dan kenikmatan hidup.

Hari ini, agar Kristus dapat bertumbuh di dalam kita, kita perlu memiliki hati yang baik. Kita perlu dibebaskan dari dosa-dosa yang tersembunyi, lalu lintas duniawi, dan dari kekhawatiran, tipu daya kekayaan serta kenikmatan hidup.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 18

No comments: