Hitstat

04 April 2019

Lukas - Minggu 8 Kamis


Pembacaan Alkitab: Luk 6:37-42
Doa baca: “Berilah dan kamu akan diberi: Suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang diguncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam pangkuanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.” (Luk. 6:38)


Mengenai Mengampuni dan Memberi


Lukas 6:37 mengatakan, “Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.” Di sini menghukum berarti menyalahkan, mengampuni berarti membebaskan. Jika kita tidak menyalahkan, kita tidak akan disalahkan. Demikian juga, jika kita mengampuni, kita akan diampuni. Jika kita hidup di dalam roh yang rendah hati di bawah pemerintahan Tuhan, kita akan selalu menghakimi diri sendiri, tidak menghakimi orang lain. Anak-anak Allah akan dihakimi dengan cara mereka menghakimi. Jika mereka menghakimi dengan keadilan, mereka akan dihakimi oleh Tuhan dengan keadilan. Jika mereka menghakimi orang lainn dengan belas kasihan, mereka akan dihakimi oleh Tuhan dengan belas kasihan. Seperti dikatakan dalam Yakobus 2:13, “Belas kasihan akan menang atas penghakiman.”

Jika kita benar-benar telah mengampuni seseorang, kita harus juga melupakan kesalahannya. Begitu kita mengampuni seseorang dalam satu perkara, kita tidak boleh menyinggungnya lagi. Jika kita berbuat begitu, itu menunjukkan bahwa kita belum membebaskan orang yang bersalah kepada kita. Menurut Perjanjian Baru, mengampuni berarti melupakan dan membebaskan. Kita perlu mengampuni kesalahan orang dan membebaskan orang yang bersalah itu.

Tuhan melanjutkan perkataan-Nya dalam Lukas 6:38 yaitu bahwa bila kita memberi kepada orang lain, Bapa kita yang di surga akan selalu mengembalikan kepada kita lebih banyak daripada yang kita berikan. Jika kita memberi kepada orang lain, kita akan menerimanya kembali. Apa yang kita ukurkan kepada orang lain, itu juga akan diukurkan kepada kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 1, Berita 15

No comments: