Hitstat

10 September 2019

Lukas - Minggu 31 Selasa


Pembacaan Alkitab: Luk. 24:1-7; 2:40
Doa baca: “Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan anugerah Allah ada pada-Nya” (Luk. 2:40)


Diselamatkan di Dalam Hayat


Karena kita adalah manusia, maka Penyelamat kita perlu juga menjadi seorang manusia. Memang, dalam penciptaan, Allah tidak perlu menjadi seorang manusia. Menciptakan manusia lebih mudah daripada menjadi manusia. Tetapi dalam keselamatan-Nya, Dia bukan hanya melakukan sesuatu—Dia bahkan menjadi manusia. Adalah logis Allah menjadi manusia untuk menyelamatkan kita. Namun mengapa Dia perlu menjadi seorang bayi yang bertumbuh hari demi hari? Lukas 2:40 mengatakan, “Anak itu bertambah besar dan menjadi kuat, penuh hikmat, dan kasih karunia Allah ada pada-Nya.” Tuhan Yesus bertumbuh dengan normal; Dia tidak bertumbuh dewasa dalam jangka waktu yang singkat.

Keempat Kitab Injil mencatat tentang kehidupan dan ministri Tuhan. Tuhan perlu melalui proses yang tidak instan karena kita telah jatuh dan penuh dengan dosa. Sebenarnya, hanya tiga jam terakhir di kayu salib yang merupakan penderitaan yang menggantikan kita (Luk. 23:44). Lalu kenapa Dia perlu menderita selama tiga jam yang pertama di kayu salib, karena penderitaan itu bukanlah bagi dosa-dosa kita?

Bagi keselamatan kita, Allah yang menyelamatkan ini menjadi manusia dan menempuh kehidupan di bumi yang melayakkan Dia menyelamatkan kita. Kehidupan yang Dia tempuh menjadi faktor dasar keselamatan-Nya yang penuh kuasa. Setelah menempuh kehidupan di bumi, mati di atas salib, bangkit, kemudian Ia masuk ke dalam orang-orang yang diselamatkan, hidup di dalam dan bertumbuh di dalam mereka, mengulangi kehidupan-Nya di dalam mereka.

Masuknya Ia sebagai hayat ke dalam kita dan menyebarnya Dia ke seluruh kaum beriman adalah keselamatan di dalam hayat (Rm. 5:10). Hari ini Manusia-Penyelamat hidup di dalam kita dan bertumbuh di dalam kita sehingga hidup kita di bumi sesuai dengan kehidupan-Nya di bumi.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 60

No comments: