Hitstat

02 June 2008

Markus Volume 4 - Minggu 4 Selasa

Menjadi seperti Anak Kecil
Markus 10:14
Melihat hal itu, Yesus marah dan berkata kepada mereka: “Biarkan anak-anak itu datang kepada-Ku, jangan halang-halangi mereka, sebab orang-orang seperti inilah yang memiliki Kerajaan Allah.”

Ayat Bacaan: Mrk. 10:13-16; Mat. 13:43; Ams. 4:18; 2 Kor. 4:16

Kisah mengenai pemberkatan anak-anak kecil oleh Hamba-Penyelamat (Mrk. 10:13-16) menerangi kita untuk melihat bahwa mereka yang berada pada jalan memasuki Kerajaan Allah tidak seharusnya menjadi tua. Sebaliknya, mereka seharusnya muda, bahkan seperti anak-anak kecil. Dengan memeluk anak-anak itu dan sambil memberkati mereka (Mrk. 10:16), Tuhan menunjukkan kepada pengikut-pengikut-Nya bahwa mereka tidak seharusnya usang, melainkan seharusnya sama seperti anak-anak untuk dapat masuk ke dalam kerajaan. Jika kita ingin masuk ke dalam Kerajaan Allah, kita perlu muda dan segar.
Kita mungkin dapat menggunakan pengumpulan manna dalam Perjanjian Lama sebagai suatu ilustrasi akan keperluan kita baru dan segar setiap hari. Prinsip pengumpulan manna adalah manna dikumpulkan pada satu hari itu pada waktu tertentu. Kecuali pada hari Sabat, setiap manna yang ditinggal sampai esok hari akan busuk dan berulat. Hal ini menggambarkan keperluan kita untuk disegarkan dan diperbarui setiap hari.
Dalam Matius 13:43 para pemenang diumpamakan seperti matahari yang bersinar dalam kerajaan Bapa mereka. Matahari kembali terbit setiap pagi. Jika kita ingin menjadi para pemenang, matahari, kita juga harus setiap pagi disegarkan (dibangunkan) oleh Tuhan. Amsal 4:18 mengatakan, “Jalan orang benar seperti cahaya fajar, yang makin bertambah terang, sampai rembang tengah hari” Kita seharusnya mengikuti matahari, disegarkan dan memiliki permulaan baru setiap pagi. Jalan kita seperti cahaya fajar yang makin bertambah terang sampai rembang tengah hari. Kita perlu memperhatikan ungkapan Paulus dalam Dua Korintus 4:16 — “dari sehari ke sehari”. Kehidupan orang Kristen bukan hanya berlangsung selama satu hari. Kita diperbarui dari sehari ke sehari. Ini berarti dari sehari ke sehari kita disegarkan oleh Tuhan. Kemarin pagi mungkin kita sudah mengalami penyegaran, tetapi pagi ini kita perlu penyegaran yang lain, dan besok kita perlu yang lain lagi. Setiap tahun kita perlu 365 kebangunan (penyegaran) agar diperbarui dari sehari ke sehari.

No comments: