Hitstat

16 June 2008

Markus Volume 5 - Minggu 2 Selasa

Percayalah Kamu telah Menerimanya
Markus 11:24
Karena itu Aku berkata kepadamu: Apa saja yang kamu doakan dan minta, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.

Ayat Bacaan: Yeh 36:37; Mrk. 11:24; Luk. 2:25,36-38; Kis. 1:15; 2:1-2

Keesokan pagi setelah Tuhan membersihkan Bait Allah, Dia bersama-sama dengan murid-murid-Nya melihat bahwa pohon ara yang dikutuk oleh Tuhan telah menjadi kering sampai ke akar-akarnya (Mrk. 11:20). Dalam kejadian ini Tuhan membicarakan perihal iman dan doa kepada murid-murid-Nya. Namun sebenarnya apakah yang dimaksud dengan berdoa? Berdoa bukanlah karena Allah tidak mampu melakukan sendiri suatu hal. Berdoa berarti Allah ingin melakukan satu hal tertentu, namun Dia tidak mau melakukannya sendiri; Dia menunggu sampai manusia di bumi berdoa, dan baru setelah itu Dia akan melakukannya.Tuhan Yesus harus lahir, tetapi perlu ada Simeon dan Hana yang berdoa (Luk. 2:25, 36-38). Roh Kudus memang harus datang, tetapi perlu seratus dua puluh orang berdoa selama sepuluh hari (Kis. 1:15; 2:1-2). Inilah prinsip berdoa, yaitu agar kehendak Allah terampungkan.
Saudara saudari, seandainya tidak ada doa, kerajaan tidak akan datang. Kapan saja kehendak anak-anak Allah mutlak serasi dengan kehendak Allah, nama Allah akan dikuduskan, Kerajaan-Nya akan datang, dan kehendak-Nya akan terjadi di bumi seperti di surga. Karena itu bagi kerajaan Allah dan bagi pekerjaan-Nya kita harus berdoa demi iman.
Dalam seluruh kitab Perjanjian Baru tidak ada ayat lain yang menjelaskan makna iman setuntas Markus 11:24, yaitu “Apa saja yang kamu doakan dan minta, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu.” Bila kita nampak masalah ini, dan juga mengetahui apa arti berdoa maka hal berdoa akan menjadi hal yang hebat bagi kita. Bila kita kurang percaya, doa kita tidak akan ada gunanya. Hal ini jelas sekali tercantum dalam Injil Markus 11, yaitu tiap doa harus disertai iman. Tuhan Yesus mengatakan, “Apa saja yang kamu doakan dan minta, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu” (Mrk. 11:24). Ketika kita berdoa, kita harus percaya. Bila kita percaya bahwa apa yang kita doakan itu “telah” kita terima, maka kita akan memperolehnya. Bukan percayalah bahwa kamu “akan” menerima, tetapi percayalah bahwa kamu “telah” menerima. Haleluya atas janji-Nya bahwa jika kita berdoa maka kita telah menerimanya

No comments: