Hitstat

27 June 2008

Markus Volume 5 - Minggu 3 Sabtu

Tuhan Memperhatikan Realitas Batiniah
Markus 12:44
Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda ini memberi dari kekurangannya, semua yang dimilikinya, yaitu seluruh nafkahnya.

Ayat Bacaan: Mrk. 12:41-44; Mat. 6:21

Setelah Tuhan Yesus memberikan peringatan tentang menghadapi ahli-ahli Taurat, Dia memuji kesetiaan seorang janda miskin (Mrk. 12:41-44). Mereka yang memberi dari kelimpahan mereka tidak menjamah hati Tuhan. Namun, Tuhan terjamah oleh seorang janda miskin yang memasukkan dua keping uang tembaga. Dia mengaguminya karena memberikan dengan cara yang sedemikian ini.
Sangatlah berarti bahwa setelah Tuhan menakhlukkan semua penentang-Nya, Dia memberi peringatan tentang menghadapi ahli-ahli Taurat dan memuji janda miskin yang setia. Pertama, Ia memperingatkan murid-murid-Nya agar waspada terhadap pengajaran yang sia-sia, yang kosong dari ahli-ahli Taurat. Kemudian Ia mendorong mereka untuk mengapresiasi realitas batiniah seorang janda yang memberi dengan setia dan tulus terhadap Allah. Dia ingin mereka melihat ke dalam situasi di antara umat Allah, bukan hanya melihat yang luaran menurut cara manusia, tetapi yang batiniah menurut realitas batiniah manusia. Karena Dia memiliki pandangan yang demikian, Dia dapat mengapreasiasi janda yang miskin.
Tidak ada perkara lain yang dapat menyingkapkan realitas batiniah kaum beriman lebih jelas dari pada perkara uang. Uang menyingkapkan realitas batiniah kaum beriman karena dalam hidup manusia tidak ada yang lebih nyata daripada uang atau harta benda. Uang atau harta benda kita menguji apakah kita memiliki realitas terhadap Allah. Masalahnya hari ini bukanlah berapa banyak yang harus dipersembahkan tetapi apakah uang telah menguasai hati kita. Dalam pekerjaan Allah, tidak ada seorangpun yang di satu segi tamak akan uang dan di segi lain dapat berkata bahwa hatinya mengasihi Tuhan. Alkitab berkata bahwa dimana hartamu berada, di situ juga hatimu berada (Mat. 6:21). Agar hati kita tidak diperdaya oleh uang, kita harus membiarkan uang itu dipakai oleh Tuhan. Jika uang sudah keluar dari kantung kita, hati kita akan menyertainya pula. Marilah kita menjadi orang yang memperhatikan realitas batiniah melalui belajar mempersembahkan harta kita dengan hati yang rela.

No comments: