Hitstat

25 July 2008

Markus Volume 6 - Minggu 3 Sabtu

Dibaptis dalam Kematian-Nya
Roma 6:3
Atau tidak tahukah kamu bahwa kita semua telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya?

Ayat Bacaan: Mrk. 14:43-15:15; Rm. 6:3; 1 Kor. 1:30

Dalam Markus 14:43-15:15 kita nampak pengalaman Tuhan Yesus dan Petrus. Pengalaman-pengalaman ini terjadi pada waktu yang sama. Ketika Tuhan Yesus dihakimi, Petrus juga dihakimi. Pada diri Tuhan Yesus, tentunya tidak ada sesuatu yang membuat-Nya layak dihukum. Sebaliknya, Petrus penuh kesalahan, layaknya kita semua yang berdosa. Petrus perlu disalibkan, dibawa ke dalam kematian Kristus, karena dia begitu mengandalkan manusia alamiahnya. Sebagaimana Petrus, kita pun perlu disalibkan bersama Tuhan, dan pada faktanya, kita telah disalibkan dengan Dia (Rm. 6:3). Saat Kristus disalibkan, kita pun tersalib bersama Dia.
Saudara-saudari, kita perlu nampak bahwa Petrus sebenarnya mewakili kita. Ini berarti kita semua perlu masuk ke dalam kematian Tuhan. Tetapi bagaimana caranya mengalami hal tersebut? Banyak orang yang berusaha sekuat tenaga untuk membebaskan diri dari hidup yang penuh dosa, namun mereka malah semakin dikuasai oleh dosa. Cara untuk menang atas dosa bukanlah dengan mencoba memperbaiki diri, melainkan dengan mengenal, bahwa Allah telah membereskan segala dosa kita dan diri kita yang alamiah ini di dalam Kristus. Itulah sebabnya rasul Paulus berkata, “Kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya” (Rm. 6:3).
Kalau Allah telah membereskan kita “di dalam Kristus Yesus”, maka kita harus berada dalam Dia supaya jalan penyelamatan itu menjadi efektif bagi kita. Jika demikian, masalah di dalam Kristus menjadilah suatu masalah yang besar. Bagaimana kita dapat “masuk ke dalam” Kristus? Kembali Allah datang menolong kita. Sebenarnya kita tidak ada jalan untuk masuk; dan yang lebih penting, kita tidak perlu mencoba untuk masuk, karena kita sudah ada di dalam Dia. Apa yang tidak dapat kita lakukan sendiri, telah Allah lakukan bagi kita. Dia telah menaruh kita di dalam Kristus. Ingatlah dalam 1 Korintus 1:30 Paulus berkata, “Kamu berada dalam Kristus Yesus.” Bagaimana kita bisa berada di dalam Kristus? “Oleh Dia (yaitu oleh Allah) kamu berada dalam Kristus Yesus.” Kini, tanggung jawab kita adalah senantiasa tinggal di dalam Kristus, tinggal di dalam firman-Nya, dan membiarkan Roh-Nya memimpin kita.

No comments: