Hitstat

01 July 2008

Markus Volume 5 - Minggu 4 Rabu

Sakit Bersalin - Kelahiran Manusia Baru
Markus 13:8
Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat, dan akan ada kelaparan. Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru.

Ayat Bacaan: Mrk. 13:8

Ciptaan baru Allah terutama adalah manusia baru. Menghasilkan ciptaan baru dari ciptaan lama mencakup proses kelahiran. Ungkapan “sakit bersalin” dalam Markus 13:8 mengacu kepada sakit yang berhubungan dengan kelahiran manusia baru. Penganiayaan yang ditanggung oleh kaum beriman dianggap sebagai sakit bersalin oleh Tuhan Yesus. Sakit bersalin ini dimulai dari waktu kebangkitan dan kenaikan Tuhan. Sejak hari Pentakosta, sakit bersalin ini belum berhenti dialami oleh para pengikut Tuhan.
Manusia yang diciptakan oleh Allah, manusia lama telah gagal dan menjadi tidak berguna dalam memenuhi tujuan Allah. Karena itu, melalui kematian dan kebangkitan Kristus Allah telah melahirkan satu manusia baru yang universal. Kelahiran atau persalinan manusia baru ini diawali dengan kebangkitan Tuhan, Sebagi umat yang dipanggil oleh Allah, kita semua telah dibangkitkan bersama dengan Kristus.(Ef.2:4-5)
Manusia lama adalah manusia ciptaan Allah yang telah jatuh karena dosa. Setiap orang di dalam Adam bukan hanya orang dosa di hadapan Allah, tetapi juga seorang manusia lama. Ketika orang dosa yang demikian, yaitu manusia lama, mendengar Injil dan percaya kepada Kristus dan diselamatkan, ia menjadi seorang manusia baru. Ia bukan hanya menjadi seorang manusia baru secara individual, tetapi juga dipersatukan dengan semua orang Kristen lainnya untuk menjadi satu manusia baru korporat.
Salah satu kekurangan besar di antara orang-orang Kristen hari ini ialah setiap orang ingin menjadi orang Kristen individu. Setiap orang ingin menjadi baik dan penuh semangat; setiap orang ingin duduk dan mendengarkan khotbah-khotbah. Tetapi Allah tidak hanya menginginkan kita menjadi baik secara individual, tetapi Ia lebih menginginkan sebuah bejana korporat yang akan menghancurkan Iblis dan menggenapkan rencana-Nya. Allah tidak ingin melihat orang-orang Kristen terpencar seperti pasir. Dia ingin semua orang Kristen disatukan. Inilah yang menjadi kedambaan dan tujuan kekal Allah.

No comments: