Hitstat

22 September 2008

Markus Volume 8 - Minggu 4 Selasa

Hasil Dipenuhi oleh Roh
Yohanes 7:38
Barangsiapa percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup.

Ayat Bacaan: Kej. 1:28; Yoh. 7:38-39; Gal. 5:22-23; Kis. 4:31

Setelah mengaku dosa-dosa kita dengan tuntas di bawah terang Tuhan, kita akan dibersihkan oleh darah Tuhan dan dipenuhi dengan Roh itu. Setiap hari kita perlu pembersihan semacam ini. Kita dapat berdoa demikian, ”Tuhan, basuhlah aku. Bersihkanlah aku. Aku ingin membuang semua sampah di dalamku dan memberikan seluruh ruang kosong di dalamku bagi-Mu.” Jika kita mau melakukan hal ini setiap hari, pemenuhan dan pencurahan Roh itu akan begitu segar dalam pengalaman kita.
Pemenuhan oleh Roh itu bukan hanya untuk perawatan atau faedah kita pribadi, tetapi untuk kita salurkan. Allah menciptakan manusia supaya ia dapat beranakcucu, bertambah banyak dan memenuhi bumi (Kej. 1:28). Allah tidak menghendaki hanya ada Adam seorang, tetapi dia harus menghasilkan pertambahan, melahirkan anak-anak. Oleh karena itu setiap kita harus belajar bagaimana menyalurkan Roh itu kepada orang lain melalui perkataan kita. Kita berharap melalui penyaluran yang demikian, mereka dapat dilahirkan kembali menjadi anak-anak Allah, sebagai pertambahan dan perbanyakan Kristus.
Ketika kita berbicara, kita dipenuhi di dalam roh, dan ketika kita dipenuhi kita berbicara! Ini sangat ajaib. Ketika Roh itu begitu segar dalam pengalaman kita, orang-orang akan merasakan sesuatu yang berbeda tentang kita. Mereka akan menyadari ada sesuatu di dalam kita yang begitu baru, begitu berbeda, dan juga begitu meyakinkan. Jika kita dibersihkan setiap hari melalui pengakuan dosa yang sungguh-sungguh, pembicaraan kita akan memiliki pengaruh yang kuat karena di dalamnya terdapat pekerjaan Roh itu.
Bagaimanakah kita dapat mengetahui bahwa kita telah dipenuhi oleh Roh Kudus? Pertama-tama, kita akan memiliki ekspresi hayat yang berlimpah dan meluap, yang mengalir seperti sungai air hayat yang keluar dari batin kita (Yoh. 7:38-39). Kemudian, kita akan memiliki kasih, sukacita, damai sejahtera, dan lain-lain (Gal. 5:22-23). Lalu Kisah Para Rasul 4:31 menyebutkan keberanian, kekuatan, dan kuasa untuk memberitakan firman Allah. Semua manifestasi dari Roh itu adalah untuk menyalurkan kekayaan Kristus kepada orang lain bagi pembangunan Tubuh Kristus.

No comments: