Hitstat

13 March 2009

Lukas Volume 6 - Minggu 4 Sabtu

Sikap yang Diperlukan Menjelang Tibanya Hari Tuhan (2)
Lukas 21:36
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.

Ayat Bacaan: Luk. 21:36; 17:34-36; Mat. 24:21; Why. 14:1; 12:5-6, 14; 3:10

Kata “luput” dalam Lukas 21:36 mengacu kepada pengangkatan sebelum kesusahan besar tiba (Mat. 24:21), yang akan merupakan ujian yang berat atas seluruh bumi (Why. 3:10; Luk. 17:34-36). Diangkat secara demikian berarti dilindungi “dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang tinggal di bumi” (Why. 3:10). Selanjutnya, “semua yang akan terjadi itu” adalah hal-hal dari kesusahan besar. Tahan berdiri di hadapan Anak Manusia berhubungan dengan orang-orang yang berdiri dalam Wahyu 14:1. Ini menunjukkan bahwa para pemenang yang terangkat akan berdiri di hadapan Penyelamat di Bukit Sion di langit sebelum kesusahan besar (Why. 12:5-6, 14).
Dalam Lukas 21:36, Manusia-Penyelamat memerintahkan kita untuk berjaga-jaga. Agar tidak terbius dan teracuni, kita perlu berjaga-jaga. Lagi pula, kita perlu berdoa setiap waktu. Ini bukanlah berdoa secara umum; ini adalah berdoa dengan khusus agar kita beroleh kekuatan untuk luput dari hal-hal yang akan terjadi itu. Kita tidak boleh terperangkap dalam arus dunia hari ini. Sebaliknya kita harus melarikan diri dari arus ini. Kekuatan dan kemampuan untuk luput dari hal-hal yang akan terjadi itu berasal dari berjaga-jaga dan berdoa. Jika kita berdoa dengan khusus, kita akan beroleh kekuatan untuk luput dari semua hal yang akan terjadi itu.
Dalam Wahyu 3:10 Tuhan berjanji kepada gereja yang dipulihkan, yaitu gereja di Filadelfia, bahwa Dia akan menjauhkannya dari masa kesusahan. Tuhan bukan hanya akan menjauhkan mereka dari kesusahan, tetapi juga dari masa kesusahan, karena mereka telah menuruti firman ketekunan Tuhan. Janji dari Tuhan ini, seperti janji dalam Lukas 21:36, menunjukkan bahwa orang-orang kudus yang menuruti firman ketekunan Tuhan akan diangkat sebelum kesusahan besar. Sebaliknya, ini juga menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak menuruti firman ketekunan-Nya akan tertinggal di bumi untuk masuk ke dalam masa kesusahan itu! Apakah kita diangkat atau tidak sebelum kesusahan besar dan diambil untuk berjumpa dengan Kristus di takhta itu bukan tergantung pada-Nya. Ini tergantung pada kesiagaan dan doa kita.

No comments: