Hitstat

06 May 2009

Yohanes Volume 1 - Minggu 4 Kamis

Dibangkitkan Menjadi Bait Allah yang Hidup
Yohanes 2:19, 21
Jawab Yesus kepada mereka: “Rombak Bait Allah ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikannya kembali.” Tetapi yang dimaksudkan-Nya dengan Bait Allah ialah tubuh-Nya sendiri.

Ayat Bacaan: Yoh. 2:19-21; Flp. 3:21; Ef. 2:6; 1 Ptr. 1:3; Ibr. 2:10; Rm. 8:29

Setelah Satan menghancurkan tubuh jasmani Tuhan di atas kayu salib, jasad-Nya dimasukkan ke dalam liang kubur, serta beristirahat di sana. Pada saat itu Tuhan Yesus masuk ke dalam alam maut, untuk kemudian keluar dalam kebangkitan. Ketika Dia bangkit, Ia sendiri membangkitkan jasad-Nya yang telah mati dan terkubur. Tubuh yang di dalam kebangkitan ini bukan lagi tubuh yang kecil dan lemah, tetapi tubuh yang mulia dan penuh dengan kuat kuasa (Flp. 3:21).
Di dalam kebangkitan-Nya, Tuhan tidak hanya membangkitkan tubuh jasmaniah-Nya sendiri, melainkan juga setiap orang yang oleh iman bersatu dengan Dia (Ef. 2:6). Dalam kebangkitan-Nya, semua umat pilihan Allah dilahirkan kembali untuk menjadi banyak putra Allah dan banyak saudara dari Putra sulung Allah (1 Ptr. 1:3; Ibr. 2:10; Rm. 8:29). Inilah gereja yang adalah Tubuh Kristus. Titik awal peperangan rohani adalah berdiri di atas kemenangan Kristus, melihat bahwa Kristus telah menang. Titik awal ini bukanlah menanggulangi Iblis, melainkan percaya kepada Tuhan. Bukan mengharapkan agar kita menang, sebab kita sudah menang. Iblis tidak dapat melakukan apa-apa. Tak seorang juga dapat menghancurkan rencana Allah. Semakin musuh berupaya, semakin pula tersedia kesempatan bagi Tuhan untuk berbuat lebih banyak. Apapun yang Tuhan kerjakan, selalu di dalam kebangkitan dan melalui hayat kebangkitan. Hanya dengan demikian kuasa Iblis dipatahkan.
Tuhan membangun bait suci “dalam tiga hari”, artinya Dia membangunnya di dalam kebangkitan. Bangsa Yahudi mohon kepada Tuhan Yesus agar mau menunjukkan tanda ajaib terhadap mereka. Tuhan menjawab, “Runtuhkanlah Bait Suci ini, dan dalam tiga hari Aku akan mendirikan kembali” (Yoh. 2:19). Kebangkitan Tuhan itulah tanda ajaib yang unik. Tanda ajaib yang unik untuk pembangunan gereja ialah hayat dalam kebangkitan. Sejak hari kebangkitan-Nya, Tuhan Yesus terus memperluas tubuh-Nya di dalam hayat kebangkitan. Alangkah besar Tubuh Kristus hari ini di dalam kebangkitan-Nya! Rumah Allah yang rohani tetap bertumbuh terus bersama Tubuh Kristus di dalam kebangkitan (1 Tim. 3:15, 1 Ptr. 2:5, 1 Kor. 3:9, Ef. 2:21-22). Haleluya!

No comments: