Hitstat

10 September 2010

Roma Volume 1 - Minggu 2 Sabtu

Mereka Semua Ada di Bawah Kuasa Dosa (Tanpa Pengharapan)
Roma 3:9b-10
Sebab di atas telah kita tuduh ... bahwa mereka semua ada di bawah kuasa dosa, seperti ada tertulis: “Tidak ada yang benar, seorangpun tidak”

Ayat Bacaan: Rm. 3:10-19

Dalam Roma 3:10-19, Paulus menggambarkan kondisi seluruh umat manusia yang jatuh dalam dosa dan situasi dunia yang tak berpengharapan. Tidak ada seorang pun yang mencari Allah dan tidak ada seorang pun yang mengenal Allah (Rm. 3:11). Semua orang telah berpaling dari Allah dan menjadi tidak berguna (Rm. 3:12). Tidak ada seorang pun yang benar dan tidak ada yang berbuat baik (Rm. 3:10,12). Alkitab memperlihatkan kepada kita bahwa semua orang berada di bawah kuasa dosa. Penyebabnya adalah di dalam semua orang terdapat satu hayat yang berdosa, dan hayat berdosa ini berasal dari Iblis. Mungkin kita berkata, “Aku tidak pernah membunuh orang”. Tetapi apakah di dalam kita tidak pernah membenci orang? Membenci orang adalah benih membunuh orang, membunuh orang adalah buah dari membenci orang. Ketika orang lain menyanjung kita, berlaku baik kepada kita, tentu kita tidak akan membencinya. Tetapi kalau orang itu me-rugikan kita, atau berbuat jahat kepada kita, merepotkan kita, mengganggu kita, tidakkah kita segera membencinya? Setiap orang yang mengenal diri sendiri akan mengakui bahwa dirinya sangat mudah memiliki angan-angan membenci orang. Semuanya ini membuktikan kita memiliki sifat dosa.
Orang dunia hari ini, tidak peduli siapa dia, semua berada di bawah kendali dosa. Karena itu, setiap orang rebah di bawah penghukuman Allah (Rm. 3:19). Seandainya kita belum beroleh selamat, di manakah kita? Bagaimana keadaan kita? Kita akan kehilangan pengharapan sama sekali dan juga berada di bawah penghukuman Allah. Tidak peduli kita siapa, sedang mengerjakan apa, dan memiliki apa, kita berada di bawah penghukuman keadilan Allah. Kita semua tahu bahwa kita memerlukan keselamatan Allah. Kita memerlukan Tuhan Yesus dan penebusan-Nya. Bagaimana kita bisa mendapatkan penyelamatan dari Tuhan Yesus? Sangat sederhana sekali, hanya ada tiga hal: Pertama, harus mengakui diri sendiri adalah orang yang berbuat dosa, memiliki dosa, harus dihukum, harus binasa. Kedua, harus percaya Tuhan Yesus sebagai Juruselamat hayat kita. Ketiga, sejak percaya Tuhan Yesus, kita harus mengikuti-Nya, menuruti firman-Nya, dan menerima kebenaran-Nya.

Siapa saja yang mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang kehidupan. (Yoh. 8:12b)

No comments: