Hitstat

24 September 2010

Roma Volume 1 - Minggu 4 Sabtu

Terhadap Janji Allah Ia Tidak Bimbang
Roma 4:20-21
Tetapi terhadap janji Allah ia tidak bimbang karena ketidakpercayaan...dengan penuh keyakinan, bahwa Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan.

Ayat Bacaan: Rm. 4:21; 14:4; 2Kor. 9:8; 2 Tim. 1:12, 2:13; Ibr. 11:19; 10:23

Kita tahu Allah mengasihi kita. Karena itu, kita tidak ragu bahwa Ia adalah untuk kita. Alkitab menunjukkan kepada kita sedikitnya ada 2 aspek yang berkenaan dengan janji-Nya: “Allah berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan” (Rm 4:21). Allah berkuasa, dan Ia menepati janji-Nya dengan kuasa-Nya. Allah kita bukanlah Allah yang lemah tak berdaya, yang tidak bisa melakukan apa yang telah dijanjikan-Nya. Seandainya demikian, apa gunanya Ia berjanji? Tetapi Allah tidak hanya sangat berkuasa dalam menjadikan sesuatu, Dia juga berkuasa untuk melaksanakan janji-Nya. Apa pun yang telah dijanjikan-Nya, Ia sanggup menepatinya. Pernyataan inilah yang dikatakan Alkitab kepada kita tentang pribadi-Nya. “Karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus berdiri” (Rm. 14:4), “Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu” (2 Kor. 9:8), “Dia berkuasa memeliharakan…..” (2 Tim. 1:12), “Abraham menyerahkan Ishak, karena ia tahu bahwa “Allah berkuasa membangkitkan orang-orang sekalipun dari antara orang mati…” (Ibr. 11:19), inilah semua janji yang pasti akan ditepati-Nya.
Sekalipun seseorang mampu melaksanakannya, tetapi kalau ia tidak menepati perkataannya, janjinya akan sia-sia. “Sebab, Ia yang menjanjikannya setia” (Ibr. 10:23). “Jika kita tidak setia, Dia tetap setia, karena Dia tidak dapat menyangkal diri-Nya” (2 Tim. 2:13). Allah mau agar semua janji-Nya, setiap perkataan dan setiap kalimat, tergenapi di dalam anak-anak-Nya. Apa pun yang difirmankan-Nya akan Dia tepati. Apa pun yang telah Dia janjikan akan Dia penuhi. Jika janji-Nya merupakan perkataan yang kosong, kita tentu tidak dapat mempercayakan segala sesuatu dan diri kita kepada Allah. Bagaimana kita masih bisa ragu atas apa yang telah Ia janjikan, sedangkan Ia setia dan tidak akan mengingkari perkataan-Nya?
Karena itu saudara-saudara, sekarang marilah kita belajar pelajaran ini. Diri kita bukanlah dasar dari iman. Bila kita lebih mempertimbangkan Allah, kita tidak akan membuat iman sendiri. Iman akan timbul dengan spontan begitu kita berpaling kepada Allah. Ingatlah, diri kita tidak bisa dipercaya bahkan seringkali kita melemahkan diri sendiri. Hanya Allah yang bisa dipercaya.

Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya! (Mrk. 9:23b)

No comments: