Hitstat

09 August 2011

1 Korintus - Minggu 22 Selasa

Pembacaan Alkitab: 1 Kor. 11:24-26, 28-29


Kita telah menekankan fakta bahwa ketika kita mengambil bagian dalam meja Tuhan, kita menikmati Dia; dan ketika kita makan perjamuan malam Tuhan, kita memuaskan Dia dengan mengingat Dia dan memperhatikan pemerintahan Allah. Tetapi dengan cara apakah kita memperhatikan pemerintahan ini? Dengan cara membedakan Tubuh. Banyak orang Kristen tidak tahu apakah arti membedakan Tubuh ini.

Membedakan Tubuh pertama-tama adalah menyadari bahwa Kristus hanya memiliki satu Tubuh yang mistikal. Ketika kita datang ke perjamuan malam Tuhan, kita harus membedakan Tubuh untuk menentukan apakah roti di atas meja itu mewakili Tubuh mistikal Kristus yang unik. Ini adalah satu perkara yang sangat penting. Tubuh mistikal Kristus yang unik ini adalah sarana bagi Allah untuk melaksanakan pemerintahan-Nya. Tujuan kekal Allah adalah ingin mendapatkan sekelompok orang yang telah diselamatkan, ditebus, dan dilahirkan kembali, dan yang telah menjadi satu untuk menjadi satu Tubuh yang organik untuk melaksanakan pemerintahan-Nya. Tetapi tipu muslihat Iblis adalah memotong Tubuh ini berkeping-keping. Ini menghalangi pemerintahan Allah. Selama kita ada di dalam perpecahan, maka kita di luar pemerintahan Allah. Karena alasan ini, kekristenan pada hari ini menjadi tidak berguna dilihat dari pelaksanaan pemerintahan ilahi ini. Orang-orang Kristen mungkin memberitakan Injil untuk menyelamatkan jiwa-jiwa atau mengajarkan Alkitab untuk membantu orang lain mengenal Firman itu. Tetapi hal ini benar-benar tidak memadai untuk melaksanakan pemerintahan Allah. Pelaksanaan pemerintahan ilahi ini memerlukan Tubuh yang unik, Tubuh yang mistikal. Karena kita menyadari hal ini, maka kita membenci perpecahan dan mutlak menentangnya.

Perpecahan-perpecahan itu merusak Tubuh mistikal Kristus dalam hubungannya dengan pelaksanaan pemerintahan Allah. Meskipun orang-orang Kristen dapat memberitakan Injil dan mengajarkan Alkitab, tetapi hanya sedikit yang memperhatikan Tubuh mistikal Kristus bagi pelaksanaan pemerintahah Allah di bumi. Seandainya semua orang Kristen mau memperhatikan hal ini, betapa menakjubkannya situasi ini! Pemerintahan Allah di bumi akan sangat hebat! Tetapi perpecahan-perpecahan di antara orang-orang Kristen bukan hanya melumpuhkan Tubuh Kristus; bahkan membuat Tubuh ini terpotong berkeping-keping. Hal ini membuat Allah kesulitan menggenapkan sesuatu di bumi bagi pelaksanaan pemerintahan-Nya. Selama berabad-abad, Allah belum dapat melaksanakan pemerintahan-Nya karena sarana unik bagi hal ini, yaitu Tubuh mistikal Kristus, telah terpotong berkeping-keping melalui perpecahan ini.

Meskipun jumlah kita masih sedikit, tetapi para malaikat dan roh-roh jahat tahu bahwa pendirian kita berbeda dengan kekristenan yang telah terpecah-belah. Selain itu, dalam batin kita memiliki jaminan bahwa kita membedakan Tubuh bagi pelaksanaan pemerintahan Allah di bumi. Kita juga adalah televisi surgawi di bumi yang memantulkan apa yang sedang Kristus lakukan di surga bagi pemerintahan ilahi ini. Orang lain mungkin menentang kita, berdebat dengan kita, dan membenarkan diri mereka sendiri. Tetapi dalam hati nurani mereka, mereka tidak memiliki jaminan bahwa mereka membedakan Tubuh mistikal yang unik ini. Puji Tuhan, kita memiliki jaminan ini!


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Korintus, Buku 3, Berita 54

No comments: