Hitstat

06 December 2018

Markus - Minggu 26 Kamis


Pembacaan Alkitab: Mrk. 16:1-20
Doa baca: “Lalu Ia berkata kepada mereka: ‘Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.’” (Mrk. 16:15)


Memberitakan Injil kepada Segala Makhluk


Dalam Markus 16:1-18 kebangkitan Tuhan Yesus ditemukan oleh tiga perempuan—Maria Magdalena, Maria ibu Yakobus, dan Salome (ayat 1). Kebangkitan Hamba-Penyelamat adalah bukti bahwa Allah telah dipuaskan dengan apa yang dirampungkan melalui kematian-Nya. Hal ini juga satu penegasan dari keefektifan kematian-Nya yang menebus dan menyalurkan hayat (Kis. 2:24; 3:15). Kebangkitan-Nya menjadi dasar pembenaran kita (Rm. 4:25) dan kekuatan yang dapat membebaskan kita dari dosa (1 Kor. 15:17). Dalam ayat 7 malaikat berkata bahwa Tuhan Yesus pergi mendahului muridmurid ke Galilea. Sama seperti Hamba-Penyelamat memulai ministri-Nya dari Galilea, milik bangsabangsa lain (Mat. 4:12-17), bukan dari Yerusalem, kota kudus dari agama Yahudi, maka sesudah bangkit Dia masih akan pergi ke Galilea, tidak ke Yerusalem. Hal ini dengan kuat menunjukkan bahwa Hamba-Penyelamat yang bangkit sama sekali telah meninggalkan Yudaisme dan memulai suatu zaman yang baru bagi pengaturan Allah dalam Perjanjian Baru.

Dalam Markus 16:9-11 Tuhan Yesus menampakkan diri kepada Maria Magdalena; dalam ayat 12-13, kepada dua orang murid-Nya; dan dalam ayat 14-18, kepada kesebelas murid. Dalam ayat 15 Dia berkata kepada mereka, “Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.” Ini mewahyukan bahwa penebusan Allah yang dirampungkan oleh Hamba-Penyelamat melalui kematian dan kebangkitan-Nya tidak hanya untuk manusia, yang paling utama dalam ciptaan Allah, tetapi juga untuk segenap ciptaan. Karena itu, semua makhluk, baik yang di bumi maupun di surga, telah diperdamaikan dengan Allah, dan Injil harus diproklamasikan kepada segenap ciptaan di kolong l angit (Kol. 1:20, 23). Segenap ciptaan mengharapkan untuk dibebaskan dari perbudakan kebinasaan dan masuk ke dalam kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah (Rm. 8:19-22).


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 3, Berita 51

No comments: