Hitstat

27 December 2018

Markus - Minggu 29 Kamis


Pembacaan Alkitab: Luk. 17:20-24
Doa baca: “Kerajaan Allah datang tanpa tandatanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya kerajaan Allah ada di antara kamu.” (Luk. 17:20b-21)


Tuhan Yesus adalah Kerajaan Itu Sendiri


Dalam Lukas 17:20 Tuhan “ditanya oleh orangorang Farisi, kapan Kerajaan Allah akan datang.” Dalam jawaban-Nya Dia berkata kepada mereka, “Kerajaan Allah datang tanpa tanda-tanda lahiriah, juga orang tidak dapat mengatakan: Lihat, ia ada di sini atau ia ada di sana! Sebab sesungguhnya kerajaan Allah ada di antara kamu” (ayat 21). Ketika dijajarkan dengan Lukas 17:22-24, ayat-ayat ini membuktikan bahwa Kerajaan Allah adalah Juruselamat itu sendiri, yang ada di antara orang Farisi ketika Dia ditanyai oleh mereka mengenai kerajaan. Karena Tuhan sendiri adalah kerajaan, di mana Dia berada, di sana ada Kerajaan Allah. Setelah Tuhan Yesus dibaptis, Roh turun ke atas Dia. Kemudian Tuhan melanjutkan pergerakan-Nya untuk bekerja, melayani. Kehidupan-Nya adalah pekerjaan-Nya dan pekerjaan-Nya adalah kehidupan-Nya. Kita dapat mengatakan bahwa Tuhan Yesus memperhidupkan pekerjaan-Nya; Dia memperhidupkan sebuah ministri. Tuhan menempuh suatu kehidupan yang memberitakan, mengajar, mengusir setan, menyembuhkan orang sakit dan mentahirkan orang kusta. Apa pun yang Tuhan lakukan, apa pun yang Dia bicarakan, dan ke mana pun Dia pergi adalah bagian dari kehidupan-Nya. Ketika Tuhan Yesus bergerak di bumi, Dia memperhidupkan kehidupan Allah.

Dalam Markus 4, Tuhan Yesus pergi ke tepi danau. Bagi Tuhan Yesus, perahu dalam Markus 4 menjadi Ruang Maha Kudus. Jika Allah ada di sana, tempat itu adalah Ruang Maha Kudus. Ketika Tuhan Yesus berbicara dari perahu, yang berbicara sebenarnya adalah Allah. Dalam Perjanjian Lama Allah berbicara di Ruang Maha Kudus, dari tutup tabut. Pada waktu Markus 4, Ruang Maha Kudus telah dilewati oleh Allah, dan Ruang Maha Kudus yang baru adalah perahu tempat Tuhan Yesus berada.


Sumber: Pelajaran-Hayat Markus, Buku 3, Berita 57

No comments: