Hitstat

06 July 2019

Lukas - Minggu 21 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Luk. 18:18-30
Doa baca: “Kata Yesus kepada mereka, ‘Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, setiap orang yang karena Kerajaan Allah meninggalkan rumahnya, atau istrinya, atau saudaranya, atau orang tuanya atau anak-anaknya, akan menerima kembali berlipat ganda pada masa ini juga, dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal.’” (Luk. 18:29-30)


Mengikuti Penyelamat yang Tidak Dijajah oleh Kekayaan Materi Lainnya


Dalam Lukas 18:18-30 kita nampak bahwa jika kita ingin masuk ke dalam Kerajaan Allah, kita perlu meninggalkan semua dan mengikuti Manusia-Penyelamat (ayat 22). Khususnya kita perlu meninggalkan harta benda materi, perlu mengasihi Dia melebihi segala hal, inilah permintaan yang tertinggi untuk dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah (14:33). Mengasihi harta benda materi melebihi mengasihi Tuhan akan membuat seseorang menjadi sedih seperti pemimpin itu. Tetapi orang-orang yang mengasihi Kristus melebihi semuanya akan penuh sukacita waktu kehilangan harta milik mereka (Ibr. 10:34).

Kebanyakan orang Kristen pada hari ini menyamakan hal keselamatan dengan Kerajaan Allah. Murid-murid juga mengira bahwa hal itu mengacu kepada keselamatan saja. Mereka memiliki konsep yang alamiah dan umum tentang diselamatkan. Mereka tidak menyerap wahyu Tuhan mengenai masuk ke dalam Kerajaan Allah. Kita juga perlu menjadi orang yang layak masuk ke dalam Kerajaan Allah, dan memperhidupkan Kerjaan Allah Berdasarkan hayat alamiah dan cara diri sendiri tidak mungkin kita masuk ke dalam Kerajaan Allah, hal ini hanya mungkin berdasarkan hayat Allah (ilahi) yang adalah Kristus sendiri disalurkan ke dalam kita supaya kita dapat menempuh kehidupan kerajaan.

Kerajaan Allah adalah juga Penyelamat itu sendiri. Di mana saja Penyelamat berada, di situ ada Kerajaan Allah (Mat.19:29; Luk. 17:21). Pada akhirnya kaum beriman yang menang akan masuk kerajaan yang akan datang dan berbagian dalam kenikmatan hayat kekalnya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 2, Berita 41

No comments: