Hitstat

25 July 2019

Lukas - Minggu 24 Kamis


Pembacaan Alkitab: Luk. 21:5-19
Doa baca: “Dan kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi tidak sehelai pun dari rambut kepalamu akan hilang. Kalau kamu tetap bertahan, kamu akan memperoleh hidupmu.” (Luk. 21:17-19)


Pemberitahuan Mengenai Hal-hal yang Akan Terjadi


Manusia-Penyelamat datang ke Yerusalem dengan tujuan menyerahkan diri-Nya sendiri kepada kematian untuk merampungkan penebusan. Setelah melalui ujian yang dilakukan oleh para penentang, Dia mempersiapkan murid-murid-Nya bagi kematian-Nya. Dia melakukan hal ini karena mereka degil dan tidak siap. Persiapan ini digenapkan dalam dua langkah utama: Pertama, dengan memberitahukan kepada mereka hal-hal yang akan datang; kedua, dengan mengadakan perjamuan malam-Nya supaya murid-murid dapat mengambil bagian dalam kematian Tuhan. Mengenai hal-hal yang akan datang, Dia menyingkapkan kepada mereka hal-hal yang akan terjadi dari keterangkatan-Nya sampai kedatangan- Nya kembali.

Hal pertama yang disingkapkan-Nya adalah runtuhnya Bait Suci. Karena murid-murid mengagumi Bait Suci dalam Lukas 21:5-6, maka Tuhan memberi tahu mereka bahwa apa yang mereka lihat akan dihancurkan. Dia mewahyukan bahwa Bait Suci akan diruntuhkan, dihancurkan sampai rata dengan tanah. Kemudian Tuhan membicarakan mengenai malapetaka-malapetaka yang terjadi di antara kenaikan-Nya dengan kesusahan besar. Pertama adalah mengenai peperangan (Luk. 21:9), yaitu semua perang dari abad pertama sampai sekarang, dilambangkan dengan kuda merah dalam Wahyu 6:3-4. Kedua, akan adanya gempa bumi, penyakit sampar, dan kelaparan. Kelaparan adalah hasil dari peperangan, yang dilambangkan dengan kuda hitam dari meterai ketiga dalam Wahyu 6:5-6. Kemudian, orang-orang Kristen yang setia akan menderita penganiayaan. Penganiayaan ini memberi kesempatan kepada murid-murid untuk bersaksi (Luk. 21:13). Mengetahui hal ini, betapa perlunya kita menempuh penghidupan yang berjaga-jaga di zaman ini.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 2, Berita 47

No comments: