Hitstat

01 November 2019

Lukas - Minggu 38 Jumat


Pembacaan Alkitab: Yoh. 14:19
Doa baca: “Sesaat lagi dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu akan melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.” (Yoh. 14:19)


Melihat Dia yang Hidup di dalam Kita


Apabila Tuhan tetap tinggal di dalam kubur, maka Tuhan tidak hidup dan murid-murid pun tidak akan melihat Dia lagi. Akan tetapi, Yohanes 14:19 mengatakan bahwa karena Dia hidup maka kita akan melihat Dia. Dia berkata, Dia akan bangkit dan hidup karena itu kita juga akan hidup. Setelah kebangkitan-Nya, Dia akan hidup di dalam kita.

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa mereka telah melihat Tuhan Yesus yang ada di dalam kaum beriman. Namun, pemahaman yang demikian tidak tepat karena tidak sesuai dengan yang tertulis dalam firman Tuhan dalam Yohanes 14:19, “... tetapi kamu akan melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup.” Firman ini menunjukkan bahwa kita melihat Dia karena Dia hidup di dalam kita. Kita hidup karena Dia hidup. Dia hidup di dalam kita adalah untuk membuat kita hidup. Ia tidak hanya ada bersama-sama dengan kita, Ia bahkan hidup di dalam kita. Bagaimana kita dapat mengetahui bahwa Kristus hidup? Kita dapat menjawab pertanyaan ini dengan berkata, “Aku tahu Dia hidup karena Dia hidup di dalamku. Karena Tuhan hidup di dalamku, maka aku dapat melihat Tuhan. Bahkan saat aku sedang berbicara, Dialah yang berbicara. Aku adalah alat pengirim yang membicarakan apa yang Ia katakan kepadaku.”

Penggenapan dari firman Tuhan: “sebab aku hidup dan kamu pun akan hidup” (Yoh. 14:19) terjadi pada hari Pentakosta. Ketika Petrus berdiri dengan kesebelas murid, itu adalah Kristus dalam kebangkitan. Pembicaraan Petrus juga adalah Kristus dalam kebangkitan.  Seandainya ada orang yang bertanya kepada Petrus di manakah Kristus, Petrus dapat menjawab demikian, “Kristus ada di sini. Tidakkah kamu melihat aku? Jika kamu melihat aku maka kamu melihat Kristus karena Dia hidup di dalamku.” Pengalaman Petrus ini pun adalah pengalaman kita sebagai kaum beriman-Nya hari ini. Kristus yang telah bangkit kini hidup di dalam kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 75

No comments: