Hitstat

14 November 2019

Lukas - Minggu 40 Kamis


Pembacaan Alkitab: Kol. 1:18; Ef. 1:23
Doa baca: “Dialah kepala tubuh, yaitu jemaat. Dialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Dialah yang lebih utama dalam segala sesuatu.” (Kol. 1:18)


Ekspresi Allah dalam Kepenuhan-Nya


Kolose 1:18 dan Efesus 1:23 menunjukkan bahwa dalam kenaikan-Nya, Kristus dijadikan Kepala gereja, Tubuh-Nya, untuk mengekspresikan Allah dalam kepenuhan-Nya. Selanjutnya Efesus 3:19 membicarakan kita “dipenuhi di dalam seluruh kepenuhan Allah.” Semua kepenuhan ini tinggal di dalam Kristus, melalui Ia berhuni di dalam kita, maka Kristus dapat menyalurkan kekayaan-Nya yang tidak terduga ke dalam diri kita, dan akhirnya kita dipenuhi seluruh kepenuhan Allah.

Ekspresi Allah didapatkan dari tidak terpisahnya Kepala dan Tubuh. Seperti satu tubuh jasmani, kepala dan tubuhnya adalah satu, demikian juga kita tidak boleh mengira, Kristus sang Kepala berada di surga dan terpisah dari Tubuh di bumi. Tubuh terpisah dan tanpa Kepala adalah suatu hal yang menakutkan.

Dengan yakin, kita dapat mengatakan Kristus, sang Kepala, telah naik ke surga, dan kita ada di bumi. Lalu di manakah Kepala dan Tubuh yang dimaksudkan ini? Berada di surga ataukah bumi? Kepala dan Tubuh ini adalah satu, membentuk satu manusia universal, yang ada di bumi, pun di surga. Untuk melihat ini, kita perlu menyadari satu hal. lokasi Kepala dan Tubuh tidaklah seperti hal materi yang melibatkan unsur ruang dan waktu. Kita perlu memandang ini dari sudut pandang ilahi. Kita adalah satu dengan Kristus yang naik, dan kenaikan-Nya juga adalah kenaikan kita (Ef. 2:6).

Kita perlu melihat Efesus 3:19 dan Efesus 1:23 untuk menjadi ekspresi-Nya di dalam kenaikan- Nya. Dua ayat tersebut mengatakan bahwa kita menjadi seluruh kepenuhan Allah, dan gereja, Tubuh-Nya, adalah kepenuhan Dia yang memenuhi semua dan di dalam segala sesuatu. Untuk hal ini, kita perlu menikmati Kristus (Ef. 3:8) setiap hari, hingga dipenuhi Dia. Puji Tuhan, hasil dari kita menikmati Kristus hari ini, adalah menjadi kepenuhan-Nya. Inilah kehidupan gereja yang tepat, penuh, ekspresi Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 79

No comments: