Hitstat

09 November 2019

Lukas - Minggu 39 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:1-4
Doa baca: “Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatu pun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” (Yoh. 1:3)


Mengapresiasi Manusia-Penyelamat dalam Mengontak Dia


Bila kita memiliki pengenalan yang subjektif dan riil terhadap Manusia-Penyelamat sewaktu kita mengontak Dia, maka kontak kita akan berbeda. Sama seperti mengenal orang lain, kontak kita terhadap orang tersebut akan berbeda bila kita mengenal status, kualifikasi, kedudukan, dan tugas orang tersebut, demikian pula sebaliknya. Hari ini banyak orang beriman berdoa kepada Tuhan dan mengontak Dia dengan cara yang jauh dari memadai, hal ini karena mereka tidak memiliki banyak apresiasi terhadap status, kedudukan, dan kualifikasi Tuhan.

Sebelum Manusia-Penyelamat dilantik dalam kenaikan-Nya, Dia telah melalui proses penciptaan, inkarnasi, kehidupan insani, penyaliban, dan kebangkitan. Penciptaan masuk melalui Dia (Yoh. 1:3). Kolose 1:16 menunjukkan bahwa Kristus juga telah melalui proses inkarnasi: Dia sebagai Firman, yang adalah Allah, menjadi daging (Yoh. 1:1, 14). Melalui inkarnasi, Dia membawa Allah Pencipta ke dalam ciptaan-Nya, ke dalam keinsanian.  Demikian, proses yang telah dilalui-Nya tercatat dengan rinci dalam kitab-kitab Injil. Kita bersyukur pada Tuhan bahwa belas kasih-Nya membuat kita tidak lagi “meluncur” di atas permukaan firman Tuhan.

Oleh kasih karunia Tuhan, kita dapat menemukan kebenaran yang dalam yang terkandung dalam firman kudus. Kebenaran-kebenaran ini sering kali memerlukan istilah-istilah baru untuk dijelaskan, misalnya pemakaian kata “ekonomi” dan “zaman.” Kata “ekonomi” dipakai untuk menjelaskan kebenaran mengenai Allah Tritunggal menyalurkan diri-Nya ke dalam manusia tiga bagian. Seluruh proses yang Dia alami termasuk kenaikan-Nya adalah untuk ekonomi Allah. Kita perlu mengejar pengenalan yang lebih lengkap terhadap Allah kita ketika kita mengontak Dia.


Sumber: Pelajaran-Hayat Lukas, Buku 3, Berita 77

No comments: