Hitstat

19 November 2019

Yohanes - Minggu 01 Selasa


Pembacaan Alkitab: Yoh. 1:1-13; 2:19-22; 10:10
Doa baca: “Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dengan berlimpah-limpah.” (Yoh. 10:10)


Sejarah Hayat dan Pembangunan dalam Alkitab


Ciptaan Allah berpusat pada hayat. Kaum beriman Perjanjian Lama menikmati Allah sebagai hayat mereka. Sedangkan dalam zaman Perjanjian Baru, Allah datang dalam Anak untuk menjadi hayat manusia. Yohanes 10:10 mengatakan, “Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup (hayat), dan mempunyainya dengan berlimpah-limpah.” Akhirnya, Kristus menjadi hayat bagi semua orang beriman Perjanjian Baru (Kol. 3:4).

Bila ada hayat, pastilah terjadi pembangunan. Namun, ketika Allah membangun, Satan selalu mendirikan tiruannya. Maksud Allah ialah ingin manusia menjadi mempelai perempuan-Nya yang dilambangkan sebagai sebuah kota. Namun, Iblis selalu bekerja dengan mendirikan kota tiruan.

Pertama, Satan mendirikan Kota Henokh yang mengasilkan kebudayaan. Atas hal ini, Tuhan memanggil Nuh untuk membangun bahtera, mezbah, dan kemah. Kedua, keturunan Nuh membangun Kota dan Menara Babel, yang adalah kota dosa. Atas hal ini, Tuhan memanggil Abraham yang membangun mezbah dan kemah. Ketiga, kemenakan Abraham terjerumus ke dalam Kota Sodom yang adalah kota dosa. Atas hal ini, Allah mengunjungi Yakub di dalam mimpinya. Merespon mimpi ini, Yakub mengambil batu yang dipakainya sebagai bantal untuk didirikan sebagai tiang (tugu) serta menuang minyak ke atasnya. Tempat itu dinamainya Betel. Tetapi, keturunan Yakub turun ke Mesir dan membangun kota-kota perbekalan Firaun. Puji Tuhan, keturunan Yakub diselamatkan dari Mesir, hingga dapat membangun Kemah Pertemuan yang berkembang menjadi Bait Suci. Tetapi, Iblis mendirikan Kota Babel yang menghancurkan Bait Suci. Bait Suci dan Kota Yerusalem berhasil dibangun kembali. Hari ini, Tuhan bergerak dengan membangun gereja (Mat. 16:18), yang dirampungkan melalui pembangunan gereja-gereja lokal. Pembangunan Allah ini akan mencapai kesempurnaan-Nya dalam Yerusalem Baru, yang merupakan pembangunan-Nya yang terakhir.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 1

No comments: