Hitstat

12 December 2019

Yohanes - Minggu 04 Kamis


Pembacaan Alkitab: Yoh. 3:1-21
Doa baca: “Yesus menjawab, ‘Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, jika seseorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.’” (Yoh. 3:3)


Semua Mampu Dibereskan


Setiap orang memiliki penghidupan yang berbeda-beda. Penghidupan yang berbeda ini menjadi latar belakang kita masing-masing. Yohanes pasal 3 sampai 11 menyajikan sembilan peristiwa yang memperlihatkan bahwa Tuhan Yesus adalah Allah yang mampu menyelesaikan semua perkara. Ia membereskan masalah orang yang (1) bermoral dan orang yang (2) amoral. Ia menyembuhkan orang yang (3) sakit dan hampir meninggal dan orang yang (4) lemah tubuh karena telah lama mengidap penyakit. Ia memenuhi kebutuhan orang yang (5) mencari makan. Ia melegakan (6) kaum dahaga yang tak dapat dipuaskan oleh agama. Ia menyelesaikan masalah seorang yang (7) telah melakukan dosa yang besar. Ia menyembuhkan orang yang (8) buta sejak lahirnya. Terakhir, Ia juga membangkitkan seorang yang (9) telah dikuburkan selama empat hari.

Sembilan keadaan tadi mewakili keadaan semua orang, dan bisa jadi itu juga merupakan kondisi kita. Namun, janganlah bersedih. Kitab Yohanes memperlihatkan bahwa dalam setiap peristiwa, Tuhan selalu menyajikan diri-Nya kepada manusia. Kita melihat Tuhan adalah Allah yang mampu memenuhi setiap keperluan manusia. Meskipun terdapat sembilan masalah yang berbeda, kuat kuasa Tuhan sanggup memenuhi semua keperluan umat manusia. Ia membawa kita memiliki hayat Allah sehingga dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah melalui kelahiran kembali. Ia membawakan kepuasan kepada orang berdosa yang tidak pernah puas. Tuhan pun adalah penyembuhan hayat. Ia juga mampu menghidupkan kembali. Ia menyajikan diri-Nya sebagai roti hayat untuk orang yang lapar. Ia menjadi sungai air hayat meleraikan dahaga orang dahaga. Ia menolong orang bebas dari belenggu dosa. Ia mencelikkan mata orang yang buta. Terakhir, Ia menyatakan hayat kebangkitan dengan membangkitkan orang yang telah membusuk dalam kuburan. Haleluya! Ia adalah Allah yang mampu membereskan semua masalah kita dan menyuplai segala keperluan kita!


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 8

No comments: