Hitstat

21 December 2019

Yohanes - Minggu 05 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Yoh. 3:22-36
Doa baca: “Sebab siapa yang diutus Allah, Dialah yang menyampaikan firman Allah, karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.” (Yoh. 3:34)


Kristus Melayankan Roh dan Firman


Yohanes 3:34 mewahyukan dua hal. Pertama, Tuhan Yesus menyampaikan firman Allah kepada umat-Nya. Kedua, Ia mengarunakan Roh Kudus kepada umat Allah dengan tidak terbatas. Beberapa terjemahan telah salah menerjemahkan ayat ini, dengan mencatat bahwa Allah Bapa mengaruniakan Roh kepada Putra dengan tidak terbatas. Tetapi jika kita mempelajari naskah kuno yang terbaik, kita pasti nampak bahwa Putralah yang mengaruniakan Roh itu dengan tidak terbatas kepada umat Allah. Maka, terjemahan lebih tepat dari ayat ini adalah, “karena Allah mengaruniakan Roh-Nya dengan tidak terbatas.”

Tuhan Yesus meministrikan (melayankan) dua hal, firman hidup dan Roh yang tak terbatas. Hanya dua hal ini yang diperlukan dalam gereja-gereja lokal. Mazmur 133:2 mewahyukan bahwa minyak urapan oleh Imam Besar dituangkan ke atas tubuhnya sampai meleleh ke jubahnya. Minyak melambangkan Roh urapan yang almuhit, Roh hayat yang tak terbatas. Roh urapan ini hanya dapat dikaruniakan oleh Kristus sebagai Kepala. Tanda bahwa gereja sebagai Tubuh berada di bawah urapan Roh-Nya adalah kaum beriman dapat berdoa dengan bebas. Tanda lain dari gereja adalah firman. Bukan firman secara harfiah hitam di atas kertas, melainkan firman yang hidup, firman yang penuh dengan hayat, terang, pengurapan minyak, dan pendirisan. Roh dan firman adalah dua hal utama dalam gereja, seperti dalam zaman gereja sebermula.

Lalu, ayat 35 mengatakan, “Bapa mengasihi Anak dan telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya.” Karena Putra adalah sasaran kasih Bapa, Bapa telah menyerahkan segala sesuatu ke dalam tangan Putra. Bapa bahkan menyerahkan semua orang pilihan-Nya kepada Putra. Tujuannya adalah untuk melahirkan kita kembali (Yoh. 3:36), sehingga kita dapat menjadi mempelai perempuan-Nya sebagai pertambahan-Nya. Yang perlu kita lakukan hanyalah taat dan percaya kepada-Nya, serta menerima Roh dan firman-Nya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 10

No comments: