Hitstat

19 December 2019

Yohanes - Minggu 05 Kamis


Pembacaan Alkitab: Yoh. 3:22-36
Doa baca: “Yang punya mempelai perempuan, ialah mempelai laki-laki; tetapi sahabat mempelai laki-laki, yang berdiri dekat dia dan yang mendengarkannya, sangat bersukacita mendengar suara mempelai laki-laki itu. Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh. Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil.” (Yoh. 3:29-30)


Bertambahnya Kristus untuk Menghasilkan Mempelai Perempuan


Dalam Yohanes 3:22, kita melihat bahwa Yesus membaptis dengan murid-murid-Nya di tanah Yudea. Namun, di ayat selanjutnya, kita melihat bahwa Yohanes Pembaptis pun membaptis juga di Ainon (Yoh. 3:23). Yesus sudah naik ke atas panggung, namun Yohanes masih tetap tinggal di sana. Yohanes mengetahui bahwa ia bukan Mesias, ia hanyalah orang yang diutus untuk mendahului-Nya (Yoh. 3:28), namun ia tetap tidak mengundurkan diri. Akibatnya, ia pun dipenjarakan.

Yohanes melanjutkan berkata, “Ia harus makin besar, tetapi aku harus makin kecil” (Yoh. 3:30). Ayat ini berarti kita harus mundur dari panggung, mundur dari hal diikuti orang; membiarkan Kristus menjadi pemeran tunggal di atas panggung dan memperoleh semua pengikut. Namun, karena Yohanes tidak menjelaskan hal ini kepada murid-muridnya, maka murid-muridnya iri ketika semua orang pergi kepada Yesus (Yoh. 3:26). Jika saja Yohanes mengundurkan diri dari atas panggung serta memberi tahu semua muridnya untuk pergi kepada Yesus, pasti ia tidak akan terbentur kesulitan apa-apa.

Selain itu, di dalam jawaban Yohanes, ia juga menegaskan bahwa Kristus adalah mempelai laki-laki yang datang meminang perempuan. Sedangkan ia hanyalah sahabat mempelai laki-laki (Yoh. 3:29). Dengan menggabungkan ayat 29 dan 30, kita melihat bahwa kelahiran kembali yang diperbincangkan dalam pasal ini bukan sekedar membawa hayat ilahi masuk dan memusnahkan sifat Iblis, namun juga menambahkan Kristus agar kaum beriman dapat dijadikan mempelai perempuan Kristus yang korporat. Puji Tuhan! Jika kita telah dilahirkan kembali, pasti kita adalah bagian dari pertambahan Kristus, bagian dari mempelai perempuan korporat Kristus; yakni gereja hari ini dan Yerusalem baru yang kelak akan dirampungkan.


Sumber: Pelajaran-Hayat Yohanes, Buku 1, Berita 10

No comments: