Hitstat

16 May 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 1 Sabtu


Pembacaan Alkitab: Kis. 1:1-5
Doa baca: “Kepada mereka Ia menunjukkan diri-Nya setelah penderitaan-Nya selesai, dan dengan banyak bukti Ia menunjukkan bahwa Ia hidup. Sebab selama empat puluh hari Ia berulang-ulang menampakkan diri dan berbicara kepada mereka tentang Kerajaan Allah.” (Kis. 1:3)


Di Atas Takhta Secara Ekonomikal dan di Dalam Kaum Beriman secara Esensial 


Dengan singkat kita telah menyajikan wahyu yang lengkap tentang Kristus dalam empat kitab Injil. Kita perlu nampak gambaran yang demikian di dalam roh kita, bahwa Tuhan Yesus dikandung, bahwa Dia lahir dan hidup di bumi, bahwa Dia mati dan bangkit dan bahwa Dia sekarang di dalam kenaikan-Nya berada di surga.  Tidak mungkin kita menggambarkan Dia yang ajaib ini dengan sedikit kalimat saja. Kita memerlukan sejumlah besar kata untuk menggambarkan Dia yang sekarang berada di atas takhta di surga. Di dalam kebangkitan-Nya Dia menghembuskan diri-Nya sendiri ke dalam murid-murid secara esensial. Kemudian secara ekonomikal Dia naik ke surga.  Karena itu, secara ekonomikal Tuhan Yesus sekarang berada di surga sebagai Yang dimuliakan, dan secara esensial Dia berada di dalam murid-murid sebagai hayat. Jadi jika ada seseorang yang bertanya dimanakah Kristus hari ini? Cara menjawab pertanyaan ini adalah dengan berkata, “Secara esensial Kristus ada di dalam kita. dan secara ekonomikal Dia ada di atas takhta di surga. Juruselamat kita adalah Yang esensial dan juga Yang ekonomikal. 

Banyak orang Kristen pada hari ini tidak menyadari bahwa Juruselamat kita adalah Yang esensial dan Yang ekonomikal. Betapa ajaib! Inilah wahyu yang mendahului Kitab Kisah Para Rasul. Kita perlu melihat wahyu saat membahas Kitab Kisah Para Rasul, karena setelah Kitab Kisah Para rasul kita juga memiliki Surat-surat Rasuli. Jika kita tidak memiliki pemahaman yang tepat tentang Kitab Kisah Para Rasul, kita tidak akan dapat memahami Surat-surat Rasuli dengan memadai. Karena itu, kita mohon Tuhan membuka Kitab Kisah Para Rasul ini kepada kita dan memberi kita pandangan yang jelas tentang apa yang diwahyukan di dalamnya.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 1

No comments: