Hitstat

27 May 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 3 Rabu


Pembacaan Alkitab: Kis. 1:1-26
Doa baca: “Tetapi kamu akan menerima kuasa bilamana Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.” (Kis. 1:8)


Roh Kudus Turun ke Atas Kita


Mengalami Roh Kudus turun ke atas kita berbeda dengan memiliki Roh Kudus di dalam kita (Yoh. 14:17). Roh Kudus diembuskan ke dalam murid-murid pada hari kebangkitan Tuhan untuk menjadi Roh hayat bagi mereka secara esensial. Roh Kudus yang sama turun ke atas murid-murid pada hari Pentakosta untuk menjadi Roh kuasa secara ekonomikal. Terhadap Roh hayat, kita perlu menghirup Dia sebagai embusan. Terhadap Roh kuasa, kita perlu mengenakan Dia sebagai seragam. Ini adalah dua aspek dari Roh yang satu untuk kita alami (1 Kor. 12:13). Roh hayat yang menghuni adalah esensial bagi hayat dan kehidupan kita; Roh kuasa yang dicurahkan adalah ekonomikal bagi ministri dan pekerjaan kita.

Dalam ayat 8 Tuhan menunjukkan kepada murid-murid-Nya bahwa mereka harus memperhatikan turunnya Roh Kudus ke atas mereka dan kemudian menjadi saksi-saksi-Nya di Yerusalem, Yudea, Samaria, dan sampai ke ujung bumi. Tetapi, murid-murid itu diduduki oleh konsepsi tradisional mereka mengenai kerajaan Israel, Musa, dan memelihara hukum Taurat. Di sini, dengan singkat Tuhan memberi tahu mereka bahwa mereka memerlukan suatu peralihan yang besar, peralihan zaman. Tuhan seolah-olah memberi tahu mereka, “Kalian perlu peralihan zaman. Kalian perlu dialihkan secara ekonomikal dari Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru, dari kerajaan Israel ke Kerajaan Allah, yang adalah gereja.”

Meskipun kita adalah umat Perjanjian Baru, kita mungkin masih memiliki konsepsi Perjanjian Lama. Kita perlu suatu peralihan dari menjadi para pemelihara hukum Taurat kepada menjadi saksi-saksi Yesus. Saya harap Roh wahyu akan memperlihatkan kepada Anda bahwa Anda memerlukan peralihan yang demikian.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 4

No comments: