Hitstat

13 June 2005

1 Yohanes Volume 3 - Minggu 1 Senin

Tetapi Ujilah !
1 Yohanes 4:1
"Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah percaya akan setiap roh, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah; sebab banyak nabi-nabi palsu yang telah muncul dan pergi ke seluruh dunia."

Setelah mengatakan mengenai Roh yang Allah karuniakan kepada kita dalam 1 Yohanes 3:24, Yohanes mengingatkan bahwa di dunia hari ini masih ada roh-roh yang lain, dan anak-anak Allah perlu waspada terhadapnya. Ada lebih dari satu macam roh dalam alam semesta. Karena itu, Yohanes menasihati kaum beriman agar tidak mempercayai setiap roh, tetapi harus menguji roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah. Ujilah dahulu, baru percaya, bukan percaya dulu baru menguji. Tanpa pengujian, seseorang tidak seharusnya segera mempercayai. Yohanes mengatakan, "Tetapi ujilah!" Inilah alasan Yohanes menyisipkan 4:1-6 sebagai satu bagian khusus.
Alasan kedua Yohanes menyisipkan 4:1-6 adalah untuk memperingatkan kaum beriman bahwa meskipun kita perlu mengasihi saudara-saudara, kita jangan menerima nabi-nabi palsu dan antikristus-antikristus. Yohanes mempertegas hal ini dalam 2 Yohanes 10.
Frase "setiap roh" atau "roh-roh" dalam 4:1 ini mengacu pada roh-roh para nabi, entah yang digerakkan oleh Roh kebenaran, atau yang digerakkan oleh roh penipuan. (Bandingkan dengan 1 Kor. 14:32 "And the spirits of the prophets are subject to the prophets" - King James Version).
Hari ini, banyak orang mengaku sebagai orang Kristen, tetapi di saat yang sama mengajarkan Injil yang lain. Kita perlu hati-hati, bukan karena mereka membicarakan Alkitab, Allah, dan Yesus lalu berarti mereka adalah anak Allah.

Janganlah Percaya Akan Setiap Roh
1 Yoh. 4:2

Sdri. M.E. Barber, seorang yang sangat mengenal Tuhan, menulis di majalah Dawn (editornya adalah D.M. Panton) pada tahun 1925 sebagai respon untuk artikel "Menguji Supernatural (Gaib/Adikodrati)" sebagai berikut :
Salam,
Artikel Anda tentang "Menguji Supernatural" di majalah Dawn edisi Mei sangat menarik perhatianku. Di Cina hari ini, Iblis menyatakan dirinya dengan cara-cara baru; dan bahkan di tempat-tempat ibadah Kristen banyak roh jahat berpura-pura menjadi Yesus Kristus.
Ada satu kasus yang cukup menarik. Waktu musim gugur yang lalu, dekat Amoy, di rumah seorang hamba Tuhan, suatu malam, ada suara yang berbicara disertai cahaya yang terang. Suara itu mirip suara hamba Tuhan yang pernah tinggal di rumah itu sebelumnya dan telah meninggal 20 tahun yang lalu. Hal ini segera menjadi berita besar. Tersiarlah kabar bahwa pendeta tua itu berbicara dari atap bekas rumahnya kepada siapa pun yang mau datang dan mendengarkan, akibatnya setiap hari banyak orang berbondong-bondong datang. Pembicaraannya sangat luar biasa, penuh firman Tuhan, berkali-kali mendorong orang untuk hidup kudus. Orang-orang yang berkarakter jelek tidak berani pergi ke sana, karena begitu mereka duduk, maka suara itu akan menyebut nama mereka dan meminta mereka bertobat atas dosa-dosanya. Dalam banyak kasus, dosa itu hanya diketahui oleh orang itu sendiri. Suatu hari, datanglah seorang tokoh terkenal di Amoy, seorang dokter Cina, yang adalah orang Kristen lulusan sekolah dokter di Amerika. Biaya berobat di tempat dia sangat mahal. Alangkah terkejutnya dia, karena begitu dia masuk rumah, roh itu berbicara kepadanya agar bertobat dari dosa keserakahan, dan memerintahkan kepadanya untuk mengurangi biaya pemeriksaan pasiennya. Suara ini sangat mempengaruhinya, ia berubah dalam banyak hal, termasuk tidak memungut biaya pemeriksaan untuk orang-orang miskin.
Seorang saudara yang menginjil di distrik Amoy datang kepadaku dan bertanya apakah aku percaya bahwa roh tersebut benar-benar adalah suara Allah. Dia berkata, "Mungkin tak seorang pun di Amoy yang meragukan hal ini, kecuali beberapa orang misionaris." Aku memberitahu dia tentang masalah perlunya menguji roh-roh, dan menyarankan agar dia menggunakan pengujian di 1 Yohanes 4:2. Roh tersebut tidak pernah dapat dilihat mata, tetapi berkali-kali cahaya yang terang benderang menaungi rumah itu.
Akhirnya, seorang pekerja yang kami kenal dan dapat dipercaya diutus untuk menguji roh tersebut. Begitu roh itu diuji, maka segera dia berdiam diri selama sekitar setengah jam; dan kemudian mendadak suara itu berbicara lagi, "Baca 1 Korintus 13:13!" Seperti yang telah Anda katakan dalam artikel Anda, "tidak mengaku" sudah merupakan bukti yang kuat tentang asal usul manifestasi supernatural itu. Banyak orang Kristen Cina telah sepenuhnya tertipu; mereka sangat mengenal hal-hal supernatural milik penyembah berhala, tetapi tidak pernah terlintas dalam pikiran mereka bahwa Iblis dapat menyatakan dirinya di dalam tempat ibadah Kristen, menggunakan istilah-istilah Alkitab, mendorong orang untuk berbuat baik dan bukan yang jahat, serta mendorong orang untuk membaca Alkitab.

Salamku, Margaret E. Barber
Pagoda Anchorage, FuKien, China

Penerapan:
Hari ini banyak yang mengaku sebagai orang Kristen, namun banyak juga yang mengajarkan ajaran lain. kita harus waspada! Karena itu, bacalah Firman agar mengerti kebenaran. Jangan asal menerima perkataan manusia tanpa mem-filter-nya dengan Firman murni.

Pokok Doa:
Berdoalah agar Tuhan memberi kepekaan kepada Anda untuk dapat membedakan dan menguji semua roh. Berdoalah agar saudara saudari tidak disimpangkan dengan hanya memperhatikan dan berfokus pada hal-hal lahiriah, namun mengabaikan pertumbuhan hayat Allah di dalam mereka.

No comments: