Hitstat

11 January 2012

2 Korintus - Minggu 16 Rabu

Pembacaan Alkitab: 2 Kor. 4:8-9


Dalam 2 Korintus 4:8-9 Paulus menunjukkan situasi yang sulit di mana ia berada. Ia berkata, "Dalam segala hal kami ditindas, namun tidak hancur terjepit; kami habis akal, namun tidak putus asa; kami dianiaya, namun tidak ditinggalkan sendirian, kami dihempaskan, namun tidak binasa." Dalam ayat-ayat ini Paulus menyinggung empat hal. Pertama, ia mengatakan bahwa mereka ditindas dalam segala hal, tetapi tidak hancur terjepit. Diserang dalam segala hal di sini berarti diserang dari empat sudut; depan, belakang, kanan, dan kiri. Meskipun demikian, mereka tidak hancur terjepit. Ini menunjukkan hayat. Tidak hancur terjepit dalam situasi yang demikian itu adalah memiliki manifestasi hayat.

Kedua, Paulus mengatakan bahwa mereka habis akal, tidak menemukan jalan keluar, tetapi tidak putus asa. Para rasul terkurung, tidak memiliki jalan keluar; tetapi tidak berarti mereka sama sekali tidak memiliki jalan keluar. Bagian dari ayat 8 ini dalam bahasa Yunaninya mengandung permainan kata. Pertama-tama Paulus mengatakan bahwa mereka telah kehabisan akal, kemudian ia mengatakan bukan sama sekali tidak dapat menemukan jalan keluar. Sekali lagi, ini adalah hayat. Kelihatannya mereka kehabisan akal, tetapi karena Roh itu ada di dalam mereka sebagai hayat, mereka bukan sama sekali tidak menemukan jalan keluar.

Ketiga, Paulus mengatakan bahwa mereka dianiaya, tetapi tidak ditinggalkan sendirian. Ini berarti mereka dikejar-kejar musuh, tetapi mereka tidak ditolak, ditinggalkan; yaitu mereka tidak ditinggalkan dalam keadaan yang mengenaskan.

Akhirnya, dalam ayat 9 Paulus mengatakan bahwa mereka dihempaskan, tetapi tidak binasa. Meskipun mereka dijatuhkan, tetapi mereka tidak binasa.

Paulus ditindas, kehabisan akal, dianiaya, dan dihempaskan. Semuanya itu memberikan satu kesempatan bagi hayat untuk dimanifestasikan. Hayat mengatasi semua hal itu. Meskipun ia mengalami penindasan, kehabisan akal, penganiayaan, dan dihempaskan, tetapi Paulus tetap sangat energik. Dia tidak hancur atau putus asa, dan ia tidak ditinggalkan atau binasa. Hayat benar-benar menjadi nyata di atas dirinya.

Dengan membentangkan pengalamannya sendiri sebagai satu penegasan dari ministrinya, Paulus menunjukkan bahwa ia dan ministrinya adalah satu. Apa adanya Paulus dan kehidupan yang ditempuhnya adalah ministrinya. Ministri ini adalah apa adanya Paulus bukan hanya apa yang dia lakukan atau pekerjaan yang digenapkannya. Paulus hidup sedemikian rupa sehingga kehidupannya merupakan satu penegasan atas ministrinya. Ministri Paulus adalah ministri Roh itu, dan kehidupannya penuh dengan hayat. Ini berarti kehidupannya adalah manifestasi dari Roh itu yang telah melalui proses, yaitu Roh itu yang telah dimasak. Paulus hidup berdasarkan Roh itu, maka hayat pun tertampil dari dirinya. Hayat ini dimanifestasikan kepada orang-orang Korintus dan diministrikan kepada mereka. Ketika hayat ini masuk ke dalam mereka, hayat ini segera menjadi Roh itu. Kemudian ketika mereka memperhidupkan Roh itu, Roh itu menjadi hayat bagi orang lain. Inilah penegasan dari ministri perjanjian yang baru oleh Paulus.


Sumber: Pelajaran-Hayat 2 Korintus, Buku 2, Berita 31

No comments: