Hitstat

19 November 2009

Yohanes Volume 8 - Minggu 4 Jumat

Memanggil dan Memulihkan Petrus (2)
Yohanes 21:17
Maka sedih hati Petrus karena Yesus berkata untuk ketiga kalinya: “Apakah engkau mengasihi Aku?” Dan ia berkata kepada-Nya: “Tuhan, Engkau tahu segala sesuatu, Engkau tahu, bahwa aku mengasihi Engkau.” Kata Yesus kepadanya: “Gembalakanlah domba-domba-Ku"

Ayat Bacaan: Yoh. 10:14, 16; Kis. 20:28; Mat. 16:18; Yoh. 21:15, 17

Setelah memulihkan kasih Petrus kepada-Nya, Tuhan Yesus memberi amanat kepadanya sambil berkata, “Peliharalah (rawatlah) anak-anak domba-Ku”, “Gembalakanlah domba-domba-Ku” dan “Peliharalah domba-domba-Ku.” Merawat domba-domba kecil (anak domba) disini adalah dengan kelimpahan hayat batiniah mendiris dan memberi makan orang. Ini menuntut kita mengasihi Dia. Percaya Tuhan ialah menerima Dia, sedangkan mengasihi Tuhan adalah menikmati Dia. Tuhan datang untuk menjadi hayat kita dan suplai hayat, kita perlu beriman kepada-Nya dan mengasihi Dia.
Memelihara domba adalah dengan kelimpahan hayat batiniah memelihara orang, sedangkan menggembalakan domba-domba adalah untuk membangun gereja. Penggembalaan adalah “untuk kawanan domba” (Yoh. 10:14, 16), yaitu gereja (Kis. 20:28). Maka, penggembalaan berkaitan dengan pembangunan Allah (Mat. 16:18). Petrus mengatakan bahwa minum air susu firman yang murni adalah untuk pembangunan tempat kediaman Allah (1 Pet. 2:2-5). Ia juga menasihati para penatua untuk menggembalakan kawanan domba Allah (1 Pet. 5:1-4). Hari ini, melalui memelihara domba-domba dan menggembalakan kawanan domba, Tuhan bekerja bersama kita untuk membangun gereja.
Dalam Yohanes 21:15 Tuhan berkata, “Peliharalah domba-domba-Ku.” Dalam 21:16 Ia mengatakan, “Gembalakanlah domba-domba-Ku.” Dalam 21:17, Ia mengatakan, “Peliharalah domba-domba-Ku.” Menggembalakan ialah menjaga, mengasuh; memelihara (merawat) adalah menyuplaikan makanan kepada kawanan domba. Hari ini kita melayani Tuhan sekali-kali tidak boleh hanya menjaga domba-domba-Nya, tetapi dengan makanan rohani memelihara mereka. Hanya menjaga, mengasuh saudara saudari tidaklah cukup, masih harus merawat mereka. Dalam ayat 15 Tuhan berkata, “Peliharalah anak-anak domba-Ku.” Dalam ayat 17 , Tuhan berkata, “Peliharah domba-domba-Ku.” Dari kedua ayat ini, kita melihat bahwa kaum beriman yang muda (baru) dengan kaum imani yang agak matang, kedua-duanya perlu dipelihara. Jika Tuhan telah menyerahkan kepada kita beban terhadap kawanan domba, maka kita harus melakukan kedua perkara ini — merawat mereka dan menjaga mereka.

No comments: