Hitstat

15 November 2009

Yohanes Volume 8 - Minggu 4 Senin

Mengalami Pencobaan atas Keperluan Hidup
Yohanes 21:3
Kata Simon Petrus kepada mereka: “Aku pergi menangkap ikan.” Kata mereka kepadanya: “Kami pergi juga dengan engkau.” Mereka berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa

Ayat Bacaan: Yoh. 21:3-4

Yohanes 21:3 mengatakan, murid-murid “berangkat lalu naik ke perahu, tetapi malam itu mereka tidak menangkap apa-apa.” Petrus beserta dengan anak-anak Zebedeus (Yohanes dan Yakobus) ialah nelayan profesional, laut Tiberias luas dan penuh dengan ikan, dan waktu malam hari adalah waktu yang paling tepat untuk menangkap ikan. Tetapi ternyata sepanjang malam mereka tidak mendapatkan apa-apa. Ini sungguh ajaib! Tuhan pasti secara berdaulat mengendalikan semua ikan agar mereka menjauhi jala. Mungkin Tuhan memerintah ikan-ikan, “Hai ikan, jauhilah jala mereka!”
Keajaiban tidak memperoleh ikan merupakan suatu pelajaran bagi Petrus dan murid-murid lain. Ini pun suatu pelajaran bagi kita hari ini. Jangan mengira asalkan kita pergi, pasti memperoleh pekerjaan, untuk kehidupan kita. Jika Tuhan mengendalikan semua pekerjaan, kita pasti takkan menemukan pekerjaan apapun. Janganlah Anda berpikir begitu Anda pergi ke laut, Anda dapat dengan mudah memperoleh ikan. Bila kita di bawah bimbingan Tuhan, menangkap ikan menurut kehendak-Nya, pasti kita dapat menangkap sejumlah ikan. Tetapi jika kita tidak menurut kehendak Tuhan, dengan pendapat sendiri menangkap ikan, semua ikan akan lari ketakutan, Tuhan akan menyuruh ikan-ikan menjauhi kita. Sebagai orang Kristen yang telah dilahirkan kembali dan telah menerima amanat, kita harus bertindak dan bekerja menurut kehendak Tuhan, dalam hal mencari nafkah juga tidak terkecuali. Karena kita sudah dilahirkan kembali dan Tuhan pun telah mengamanatkan kepada kita sebagian tugas ilahi surgawi, kita harus bertindak menurut kehendak-Nya. Kita tidak seharusnya mencari nafkah bersandarkan diri sendiri. Orang lain dapat demikian, tetapi kita tidak dapat. Bersamaan dengan murid-murid, mungkin ada sejumlah nelayan yang tidak percaya kepada Tuhan juga sedang menjala ikan di laut Tiberias, mungkin mereka memperoleh banyak ikan. Tetapi murid-murid yang percaya Tuhan ini telah bersusah payah semalam suntuk, ikan-ikan menjauhi mereka. Ini suatu keajaiban. Karena itu, jangan mengira asalkan kita pergi ke laut dapat memperoleh ikan. Jikalau kita bersandarkan diri kita sendiri melakukan hal ini, boleh jadi, akhirnya kita tidak akan memperoleh apa-apa.

No comments: