Hitstat

14 May 2014

Kolose - Minggu 7 Rabu



Pembacaan Alkitab: Kol. 1:25, 29


Hari ini ada satu keperluan yang mendesak bagi kelengkapan firman Allah. Walaupun Tuhan telah memakai Paulus melengkapkan wahyu ilahi berabad-abad yang lampau, tetapi wahyu itu tetap masih perlu dilengkapkan secara praktis di antara orang-orang Kristen hari ini. Di antara kebanyakan kelompok Kristen sedikit sekali Kristus disuplaikan sebagai hayat. Tidak hanya demikian, tidak banyak orang yang berani membahas tentang gereja. Iblis, musuh Allah, melalui tipu dayanya yang licik sedang berusaha menghambat pelengkapan firman Allah. Musuh membiarkan orang-orang Kristen memberitakan apa yang diwahyukan dalam Perjanjian Lama, dalam keempat kitab Injil, dan dalam Kitab Kisah Para Rasul. Tetapi dia tidak mau membiarkan ajaran tentang Kristus sebagai Roh pemberi-hayat yang almuhit atau tentang gereja sebagai rahasia Kristus. Siapa saja yang melayani menurut garis ini akan diserang oleh musuh.

Dalam Kolose 1:29 Paulus mengatakan, “Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segenap tenaga sesuai dengan kuasa-Nya yang bekerja dengan kuat di dalam aku.” Paulus berusaha dan bergumul dengan sekuat tenaga untuk melengkapkan firman Allah. Istilah Yunaninya menunjukkan bahwa dia bergulat, bertempur demi hal pelengkapan ini. Kita dapat bersaksi dengan terus terang bahwa kita juga sedang bergulat untuk melengkapkan wahyu yang diberikan kepada Paulus. Dalam ministri Tuhan, kelihatannya kita sedang bekerja; sebenarnya kita sedang berperang melawan agama berikut tradisinya. Tetapi kita perlu jelas bahwa pergumulan kita bukan melawan darah dan daging, melainkan melawan kuasa jahat yang di angkasa, melawan pintu alam maut yang berusaha meruntuhkan gereja. Ketika kita bergumul dan berperang, beban kita, kepengurusan rumah tangga kita tidak lain menggenapkan firman Allah. Apa yang kita suplaikan hari ini ialah pelengkapan wahyu ilahi yang diberikan kepada Paulus.

Kita perlu menunjukkan berulang-ulang bahwa wahyu ini adalah tentang Kristus sebagai perwujudan Allah dan gereja sebagai ekspresi Kristus. Walau ada banyak sekali aktivitas orang Kristen di Amerika Serikat, tetapi hampir tidak ada pelengkapan firman Allah. Siapa yang berbeban untuk menyatakan bahwa Kristus Juruselamat adalah Roh pemberi-hayat yang menyalurkan hayat ilahi ke dalam kita? Siapa yang mengemban beban untuk mengatakan kepada umat Tuhan bahwa mereka harus menjadi Tubuh yang hidup demi mengekspresikan Kristus di atas tumpuan yang tepat di tiap lokal? Kita yang ada dalam pemulihan Tuhan harus menerima tanggung jawab untuk ini. Sasaran pemulihan Tuhan adalah melengkapkan firman Allah. Saya harap banyak saudara yang bangkit demi memenuhi ministri ini.

Pelengkapan firman Allah mencakup rahasia besar Kristus dan gereja (Ef. 5:32); wahyu penuh tentang Kristus, Sang Kepala (Kol. 1:26-27; 2:19; 3:11); dan wahyu penuh tentang gereja, Tubuh (Ef. 3:3-6). Hal-hal ini tidak saja harus berkesan di dalam kita; bahkan harus terinfus ke dalam diri kita. Semoga Tuhan membuat kita semua jelas tentang pemulihan-Nya dan tentang pergumulan bagi pelengkapan firman Allah. Jika kita mau menjadi orang yang melengkapkan firman Allah, kita harus menyuplaikan Kristus sebagai Roh pemberi-hayat dan memihak kepada gereja sebagai ekspresi Kristus yang hidup di atas tumpuan lokal yang tepat. Inilah beban kita, ministri kita, dan peperangan kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 1, Berita 13

No comments: