Hitstat

24 May 2014

Kolose - Minggu 8 Sabtu



Pembacaan Alkitab: Kol. 1:28; Ef. 3:4; 1:23


Jika kita ingin memimpin setiap orang mencapai kematangan di dalam Kristus, kita harus melayankan gereja sebagai rahasia Kristus, sebagai ekspresi Kristus (Ef. 3:4; 1:23). Iblis dengan licik membuat banyak orang Kristen yang menuntut menghindari masalah gereja.

Hari ini peperangan sedang berkecamuk atas masalah gereja sebagai ekspresi Kristus. Karena tipu muslihat musuh, kebanyakan toko buku Kristen hanya mau menjual buku-buku Saudara Watchman Nee yang membahas masalah kerohanian, tetapi tidak mau menjual buku-buku yang membahas masalah gereja. Akan tetapi, orang-orang Kristen tidak dapat mencapai kedewasaan tanpa hidup gereja. Buku-buku Saudara Watchman Nee yang berkaitan dengan masalah kerohanian telah terkenal di kalangan orang-orang Kristen di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Tetapi popularitas buku-buku ini tidak menyebabkan kondisi kekristenan mengalami banyak perbaikan. Tanpa hidup gereja, bantuan yang diterima orang dari buku-buku Saudara Watchman Nee akhirnya akan bocor, karena hidup gereja merupakan satu-satunya wadah yang tepat untuk memelihara bantuan tersebut. Bagi sejumlah orang, buku-buku rohani tulisan Saudara Watchman Nee sebagian besar telah memberikan konsepsi baru secara doktrinal, tidak banyak yang diperoleh bagi penggenapan kehendak Allah. Apakah Tuhan hanya menghendaki orang mencari kerohanian, tetapi tidak mengambil bagian dalam hidup gereja yang normal? Pasti tidak! Di luar gereja, kehendak Allah tidak mungkin digenapkan. Karena kita menyadari hal ini, maka beban Tuhan mengenai gereja menekan dengan beratnya di atas diri kita. Kita perlu mempraktekkan kehidupan gereja bagi penggenapan kehendak kekal Allah. Kita juga perlu setia menyuplaikan gereja sebagai rahasia Kristus, sebagai ekspresi Kristus.

Kehendak hati Tuhan ialah memiliki Tubuh, yaitu gereja. Dia tidak ingin gereja dalam istilah saja, melainkan Dia ingin gereja dalam pelaksanaan. Jika hidup gereja ingin menjadi riil, haruslah ada gereja-gereja lokal. Ini telah jelas dibahas dalam buku “The Practical Expression of the Church” (Ekspresi yang Riil dari Gereja). Hari ini ekspresi yang riil dari gereja hanya dapat ditemukan dalam gereja-gereja lokal. Oh, semoga kita semua belajar menyuplaikan gereja sebagai rahasia Kristus, sebagai ekspresi-Nya, agar orang-orang dapat dipersembahkan dewasa penuh dalam Kristus!

Terakhir, kita harus menyuplaikan Kristus sebagai hayat kepada anggota-anggota Tubuh-Nya, agar mereka dapat hidup oleh Dia dan bertumbuh karena Dia, hingga matang. Kolose 3:4 mengatakan bahwa Kristus adalah hayat kita, dan dalam Yohanes 6:57; 14:19; dan Galatia 2:20 kita nampak bahwa kita perlu hidup oleh-Nya. Kemudian, kita akan bertumbuh karena Dia, hingga matang (Ef. 4:15, 13).

Jika kita ingin mempersembahkan tiap-tiap orang dewasa penuh dalam Kristus, kita harus menyuplai mereka dengan hal-hal yang telah kita bahas dalam berita ini. Kaum beriman sangat perlu diinfus dengan segala hal yang berkaitan dengan ekonomi Allah ini. Jika kita setia menyuplaikan hal-hal yang penting ini, kita akan dapat mempersembahkan tiap-tiap orang dewasa penuh dalam Kristus.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kolose, Buku 1, Berita 16

No comments: