Hitstat

07 April 2016

1 Petrus - Minggu 5 Kamis



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 1:11
Doa baca: 1 Ptr. 1:11
Mereka pun meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya bersaksi tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.


Yesaya 53 membicarakan saat yang bagaimana Kristus menderita. Jika Anda meneliti Yesaya 53, Anda akan nampak bahwa pasal ini mewahyukan saat yang bagaimana Kristus disalibkan. Pasal ini dengan jelas membicarakan kematian Kristus dengan kata-kata yang jelas, sama seperti yang dibicarakan dalam Perjanjian Baru. Tetapi mungkin tidak seorang pun meneliti pasal ini untuk menemukan saat yang bagaimana Kristus mati.

Ayat pertama dari Yesaya 53 mengatakan, "Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar, dan kepada siapakah tangan kekuasaan TUHAN dinyatakan?" Ayat ini menunjukkan bahwa Kristus datang untuk menderita pada waktu yang penuh dengan ketidakpercayaan, waktu di mana umat Allah tidak percaya kepada-Nya. Nabi mengajukan suatu pertanyaan, "Siapakah yang percaya kepada berita yang kami dengar?" Nabi melaporkan, memberitakan, mengumumkan, tetapi tidak seorang pun mendengarkannya. Ini berarti ketika Kristus datang, umat Allah penuh dengan ketidakpercayaan. Itu adalah saat yang bagaimana. Kristus tidak datang ketika umat Allah penuh dengan iman dan setiap orang memiliki kepercayaan yang kuat kepada Allah. Tidak, Dia datang pada saat ketika umat Allah tidak memiliki kepercayaan kepada Dia. Para nabi mengetahui hal ini. Mereka tahu pada saat yang bagaimana Kristus akan datang.

Dalam Yesaya 6 nabi menunjukkan bahwa umat Allah tidak bersedia mendengarkan perkataan-Nya, "Kemudian firman-Nya: 'Pergilah, dan katakanlah kepada bangsa ini: Dengarlah sungguh-sungguh, tetapi mengerti: jangan! Lihatlah sungguh-sungguh, tetapi menanggap: jangan! Buatlah hati bangsa ini keras dan buatlah telinganya berat mendengar dan buatlah matanya melekat tertutup, supaya jangan mereka melihat dengan matanya dan mendengar dengan telinganya dan mengerti dengan hatinya, lalu berbalik dan menjadi sembuh'" (ayat 9-10). Tuhan Yesus mengutip perkataan ini dalam Matius 13, dan Paulus juga mengutip hal itu di dalam Kisah Para Rasul 28. Dikutipnya perkataan ini oleh Tuhan Yesus dan oleh Paulus menunjukkan bahwa waktu Kristus datang untuk menderita bagi penggenapan penebusan Allah adalah waktu ketidakpercayaan.

Selain itu, menurut Daniel 9, waktu itu adalah waktu penawanan. Jika kita membaca mengenai tujuh puluh kali tujuh masa dan mempelajari konteksnya, kita akan mengerti bahwa tujuh puluh kali tujuh masa itu adalah waktu penawanan. Ini adalah petunjuk lebih lanjut dari saat yang bagaimana Kristus akan datang. Itu adalah waktu penawanan. Sebenarnya Kristus datang pada saat yang demikian. Menurut Daniel 9:26, "Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi." Ini mengacu kepada penyaliban Kristus, yang adalah waktu penawanan. Baik Yesaya 53 dan Daniel 9 menunjukkan saat yang bagaimana Kristus akan datang untuk menderita bagi kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 9

No comments: