Hitstat

06 April 2016

1 Petrus - Minggu 5 Rabu



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 1:10-11
Doa baca: 1 Ptr. 1:10
Keselamatan itulah yang diselidiki dan diteliti oleh nabi-nabi, yang telah bernubuat tentang anugerah yang diuntukkan bagimu.


Keselamatan dalam ayat 10 mengacu kepada keselamatan jiwa yang disebutkan dalam ayat sebelumnya. Frase "keselamatan jiwa" menunjukkan keselamatan sempurna. Hal itu tidak mengacu kepada keselamatan awal; melainkan keselamatan yang sempurna, keselamatan yang penuh. Selain itu, sebagaimana telah kita tunjukkan, dalam ayat 10 keselamatan bersinonim dengan anugerah. Ini berarti anugerah di sini mengacu kepada keselamatan sempurna Allah. Banyak orang Kristen mendefinisikan anugerah sebagai kebaikan yang tidak patut diterima. Betapa dangkalnya pengertian itu! Anugerah dalam Alkitab tidak terbatas hanya pada beberapa jenis kebajikan yang tidak patut diterima. Anugerah dalam Alkitab sama dengan keselamatan yang sempurna.

Dalam ayat 10 Petrus juga memberi tahu kita bahwa nabi-nabi menyelidiki dan meneliti. Dalam ayat 11 Dia membicarakan nabi-nabi meneliti. Semua perkataan ini menunjukkan pencarian. Jika kita membaca seluruh Perjanjian Lama dari Kitab Kejadian sampai Kitab Maleakhi, kita akan melihat bahwa seluruh kaum saleh Perjanjian Lama adalah para pencari. Saya percaya bahwa mereka lebih terlatih dalam pencarian mereka daripada kita hari ini. Nabi-nabi secara khusus mencari dan meneliti saat yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus. Mari kita mengutip bagian pertama dari perkataan Petrus dalam ayat 11 sekali lagi, "Meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka." Komposisi di sini tampak kaku. Namun, ungkapan Petrus sangatlah tidak lazim, dan sangat digunakan oleh Allah. Apa yang ditunjukkan oleh ungkapan yang tidak lazim ini? Ungkapan ini menunjukkan bahwa sementara nabi-nabi menyelidiki, mereka memiliki Roh Kristus di dalam mereka.

Sebagaimana telah kita tunjukkan, kita dapat membandingkan penyusunan Roh itu dengan penyaliban Kristus. Kapan Kristus disalibkan? Menurut fakta sejarah, Kristus telah disalibkan lebih dari 1.900 tahun yang lalu. Tetapi menurut Wahyu 13:8, Kristus disembelih sejak dunia dijadikan. Perkataan dalam Wahyu 13:8 adalah menurut pandangan Allah. Dalam pandangan Allah, Kristus sudah disembelih sejak dunia dijadikan. Tetapi menurut penggenapan dalam sejarah, Kristus disalibkan lebih dari 1.900 tahun yang lalu. Menurut penggenapannya, penyaliban Kristus terjadi dalam waktu lebih dari 1.900 tahun yang lalu. Tetapi menurut fungsi, khasiat kematian Kristus itu kekal, dan dalam pandangan Allah, Kristus sudah disembelih sejak dunia dijadikan. Prinsipnya sama dengan penyusunan Roh Allah menjadi Roh Kristus. Penyusunan yang sebenarnya terjadi setelah kebangkitan Kristus. Tetapi fungsi dari Roh ini bersifat kekal.

Komposisi Petrus yang agak kaku membantu kita untuk melihat bahwa sementara nabi-nabi menyelidiki, Roh Kristus bekerja di dalam mereka. Demikian pula, jika kita datang kepada firman kudus dengan hati yang mencari, dengan segera Roh Kristus akan bekerja di dalam kita. Saya dapat bersaksi tentang hal ini dari pengalaman saya. Sering kali, sewaktu saya mempelajari, menyelidiki, dan bahkan meneliti Kitab Suci, Roh Kristus menjelaskan banyak hal kepada saya. Karena pekerjaan Roh Kristus di dalam saya, saya dapat melihat hal-hal yang jauh di luar kemampuan saya untuk melihatnya. Puji Tuhan, sewaktu kita menyelidiki firman, Roh Kristus bekerja di dalam kita!


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 8

No comments: