Hitstat

05 April 2016

1 Petrus - Minggu 5 Selasa



Pembacaan Alkitab: 1 Ptr. 1:11
Doa baca: 1 Ptr. 1:11
Mereka pun meneliti saat yang mana dan yang bagaimana yang dimaksudkan oleh Roh Kristus, yang ada di dalam mereka, yaitu Roh yang sebelumnya bersaksi tentang segala penderitaan yang akan menimpa Kristus dan tentang segala kemuliaan yang menyusul sesudah itu.


Mengenai kedatangan kembali Kristus dan penderitaan-Nya, nabi-nabi tidak hanya meneliti saat yang mana hal ini akan terjadi, tetapi juga meneliti saat yang bagaimana, saat yang macam apa hal ini akan terjadi. Sejumlah ayat dalam nubuat Perjanjian Lama menunjukkan bahwa Yang Diurapi Allah, Mesias, Kristus, akan menderita demi keselamatan umat Allah dan untuk menggenapkan kehendak Allah. Menurut nubuat-nubuat ini, Yang Diurapi Allah, Orang yang ditunjuk Allah untuk menggenapkan amanat Allah, memang perlu menderita. Nabi-nabi zaman dulu mengetahui hal ini, dan mereka meluangkan waktu yang banyak untuk menemukan kapan Mesias akan menderita. Ini berarti mereka sedang mencari tahu kapan Dia akan menderita. Selain itu, mereka juga meneliti saat yang bagaimana hal itu akan terjadi. Akankah hal itu seperti waktu yang dapat dibandingkan dengan musim dingin atau seperti waktu yang dapat dibandingkan dengan musim panas? Karena alasan inilah, dalam 1:11 Petrus berbicara mengenai saat yang bagaimana.

Kita telah nampak bahwa ciri khas Petrus adalah menggunakan ungkapan yang khusus dan bahkan khas dalam tulisan-tulisannya. Dia berbicara bukan hanya tentang darah, tetapi darah yang mahal; tidak hanya benih, tetapi benih yang tidak fana; tidak hanya saat yang mana, tetapi saat yang bagaimana. Kata-kata Petrus dalam ayat 11 bukanlah kata-kata yang hampa. Sebaliknya, apa yang dia katakan berdasar pada apa yang dia temukan dalam Perjanjian Lama. Petrus tentunya memiliki tumpuan, dasar, untuk segala hal yang dia bicarakan. Perkataannya mengenai saat yang bagaimana berdasar pada Perjanjian Lama.

Petrus memustikakan Perjanjian Lama, dan kita dalam pemulihan Tuhan hari ini tentunya memustikakan Alkitab. Salah satu ciri pemulihan Tuhan yang mencolok adalah kita memustikakan Firman Allah dan meluangkan waktu yang banyak untuk membaca dan mempelajarinya. Banyak dari antara kita telah membaca Alkitab dengan rajin dan serius selama bertahun-tahun, terutama selama tahun-tahun kita berada dalam pemulihan. Karena itu, izinkan saya mengajukan pertanyaan terutama kepada mereka yang serius dalam membaca Alkitab: Ayat mana dalam Perjanjian Lama yang mengatakan kepada kita saat yang bagaimana dari penderitaan Kristus dan pemuliaan-Nya? Tidaklah sulit menemukan ayat yang membicarakan saat yang mana. Sebagai contoh, Daniel 9:26 mengatakan, "Sesudah keenam puluh dua kali tujuh masa itu akan disingkirkan seorang yang telah diurapi." Kata "disingkirkan" menunjuk kepada penyaliban Kristus. Daniel 9:25 menyebutkan, "Tujuh kali tujuh masa; dan enam puluh dua kali tujuh masa." Di sini kita memiliki jumlah total 69 kali tujuh masa, atau 483 tahun. Menurut ayat-ayat ini, 483 tahun setelah perintah membangun kota Yerusalem, Mesias, Kristus akan disingkirkan, disalibkan. Dengan ini kita tahu kapan Kristus akan menderita. Waktunya adalah pada akhir dari keenam puluh sembilan kali tujuh masa.

Meskipun kita memiliki ayat-ayat yang berkaitan dengan waktu apa Kristus akan menderita, sangat sulit untuk menemukan ayat yang memberi tahu kita saat yang bagaimana. Selagi menulis catatan untuk Versi Pemulihan Surat 1 Petrus, saya sangat terkesan dengan kata "bagaimana" ini dalam ayat 11. Ini seperti batu yang sangat besar yang menggiling saya. Saya memerlukan waktu yang lama dan banyak jerih lelah untuk mengerti ayat ini. (Kita akan membahas ayat-ayat mengenai saat yang bagaimana dalam berita selanjutnya). Ayat 10-12 tidaklah dangkal. Sebaliknya, ayat-ayat ini dalam dan sulit dimengerti. Jadi, kita tidak seharusnya memandang rendah Petrus sebagai penulis atau mengira dia itu dangkal.


Sumber: Pelajaran-Hayat 1 Petrus, Buku 1, Berita 8

No comments: