Hitstat

11 January 2018

Matius - Minggu 15 Kamis

Pembacaan Alkitab: Mat. 9:18-34
Doa baca: “Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: ‘Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup.’” (Mat. 9:18)


Dalam Matius 9:18-34 terdapat pengulangan tanda-tanda yang bermakna zaman. Ayat-ayat ini memberikan gambaran singkat mengenai zaman ini dan zaman yang akan datang. Karena itu, catatan dalam bagian ini memiliki makna zaman, seperti yang tercatat dalam 8:1-17. Anak perempuan kepala rumah ibadat mewakili orang Yahudi dan perempuan yang sakit pendarahan mewakili orang bukan Yahudi. Ketika anak perempuan itu meninggal, perempuan itu disembuhkan. Setelah perempuan itu disembuhkan, anak perempuan itu hidup kembali.

Selanjutnya, dua orang buta dan satu orang bisu disembuhkan. Ini adalah satu lambang, menunjukkan bahwa ketika orang Yahudi dibuang, orang bukan Yahudi diselamatkan, dan setelah jumlah orang bukan Yahudi yang diselamatkan tergenap, orang Yahudi akan diselamatkan (Rm. 11:15, 17, 19, 23-26). Setelah itu, masa seribu tahun akan dimulai.

Di dalam Matius 9:18, kepala rumah ibadat ini bernama Yairus yang artinya “dia akan menerangi” atau “diterangi”, melambangkan bahwa Tuhan akan menerangi orang bukan Yahudi (Kis. 13:46-48) dan bahwa orang Yahudi juga akan diterangi. Menurut catatan dalam Markus dan Lukas, anak perempuan kepala rumah ibadat ini berusia dua belas tahun. Kepala rumah ibadat ini tertarik kepada Raja surgawi, tetapi tidak memiliki iman sebanyak iman perwira. Perwira memberi tahu Tuhan Yesus bahwa ia tidak perlu datang ke rumahnya, cukup mengatakan sepatah kata saja. Apabila kepala rumah ibadat mempunyai iman seperti ini, anaknya akan disembuhkan. Namun, ia mohon Tuhan datang ke rumahnya dan meletakkan tangan-Nya di atas anak perempuannya.



Sumber: Pelajaran-Hayat Matius, Buku 2, Berita 29

No comments: