Hitstat

11 June 2020

Kisah Para Rasul - Minggu 5 Kamis


Pembacaan Alkitab: Kis. 2:14-40
Kidung #449


Pencurahan Roh Kudus yang Ekonomikal


Doa baca: “Akan terjadi pada hari-hari terakhir— demikianlah firman Allah—bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas semua manusia; maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat, dan pemuda-pemudimu akan mendapat penglihatan-penglihatan, dan orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi.” (Kis. 2:17)


Hari-hari terakhir yang disebutkan pada ayat 17 menunjukkan periode penutupan zaman ini (2 Ptr. 3:3; Yud. 18), yang dimulai dari kedatangan Kristus kali pertama (1 Ptr. 1:20) dan akan berlangsung sampai kedatangan Kristus kali kedua.

Pencurahan Roh itu ke atas semua daging berbeda dengan embusan Roh itu ke dalam murid-murid dari mulut Kristus setelah kebangkitan-Nya (Yoh. 20:22). Pencurahan Roh Allah adalah dari surga di dalam kenaikan Kristus. Pengembusan Roh adalah aspek esensial Roh itu yang diembuskan ke dalam murid-murid sebagai hayat untuk kehidupan mereka. Pencurahan Roh adalah aspek ekonomikal Roh itu yang dicurahkan ke atas mereka sebagai kuasa untuk pekerjaan mereka. Roh yang sama berada di dalam mereka secara esensial dan di atas mereka secara ekonomikal.

Pencurahan Roh dalam kenaikan Kristus adalah turunnya Kristus yang bangkit dan naik ke surga sebagai Roh almuhit untuk melaksanakan ministri surgawi-Nya di bumi untuk membangun gereja-Nya (Mat. 16:18) sebagai Tubuh-Nya (Ef. 1:23) bagi ekonomi Perjanjian Baru Allah.

Kisah Para Rasul 2:17 mengatakan bahwa Roh itu dicurahkan ke atas semua manusia (daging, Tl.). “Ke atas” dalam ayat ini adalah secara ekonomikal (kuasa), berbeda dengan “di dalam” dalam Yohanes 14:17, yang adalah esens yang di dalam untuk hayat. Tuhan mencurahkan Roh itu ke atas semua manusia yang telah jatuh, tanpa membedakan jenis kelamin, umur atau status. Puji Tuhan! Allah kita tidak melihat latar belakang, Ia mencurahkan Roh Kudus kepada kita semua tanpa memandang latar belakang kita.


Sumber: Pelajaran-Hayat Kisah Para Rasul, Buku 1, Berita 9

No comments: