Hitstat

19 April 2007

Matius Volume 1 - Minggu 3 Jumat

Yehova Juruselamat
Matius 1:21
Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.

Matius 1:21 mencatat perkataan malaikat yang menampakkan diri kepada Yusuf dalam mimpi, “Ia akan melahirkan anak laki-laki dan engkau akan menamakan Dia Yesus, karena Dialah yang akan menyelamatkan umat-Nya dari dosa mereka.” Anak laki-laki yang dilahirkan dengan cara yang ajaib ini tak lain adalah Yehova (TUHAN, LAI). Tetapi Dia bukan hanya Yehova, tetapi Yehova Penyelamat. Yesus adalah istilah Yunani yang sama dengan istilah Ibrani Yosua (Bil. 13:16) yang berarti Yehova Juruselamat, atau keselamatan Yehova. Karena itu, Yesus bukan hanya manusia melainkan Yehova, dan bukan hanya Yehova, melainkan Yehova menjadi keselamatan kita. Dengan demikian, Dia adalah Juruselamat kita. Dia juga Yosua kita yang sejati, yang membawa kita masuk ke dalam perhentian (Ibr. 4:8; Mat. 11:28-29) yang adalah diri-Nya sendiri sebagai tanah permai bagi kita.
Yesus merupakan nama yang ajaib. Kisah Para Rasul 4:12 menegaskan, “Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan.” Nama Yesus adalah nama yang menyelamatkan. Barangsiapa yang berseru kepada nama ini akan diselamatkan (Kis. 2:21; Rm. 10:13). Dalam nama Yesus Kristus, kita diselamatkan. Mengapa nama-Nya begitu penuh kuasa? Nama-Nya penuh kuasa karena Dia adalah Sang ajaib, meliputi segala-galanya. Yesus Kristus adalah Allah, manusia, Bapa, Putra, Roh itu, batu karang, pondasi, batu penjuru, batu utama, pintu, makanan, minuman, pakaian, hayat, kekuatan, kemampuan, fungsi, perilaku, kehidupan, perkataan, nafas, pandangan, bahkan pendengaran kita. Oh, kita tidak mungkin habis menyebutkan semua aspek Kristus yang kaya bagi kita! Kristus adalah semua dan di dalam semua (Kol. 3:11).

Kel. 3:14; Yoh. 8:58, 24, 28; Flp. 2:9-10

Nama Yesus meliputi nama Yehova (TUHAN, LAI), Penyelamat, dan keselamatan. Dalam bahasa Ibrani, nama Allah (Elohim) berarti “Yang Perkasa, Allah Mahakuasa”; dan nama Yehova berarti “Aku adalah” (Kel. 3:14 Tl.). Kata “adalah” dalam bahasa Ibrani merupakan kata kerja yang tidak saja menunjukkan waktu sekarang, juga waktu lampau, dan waktu yang akan datang. Jadi, arti nama Yehova ialah “Aku adalah”, Sang unik dalam waktu sekarang, dalam waktu lampau, dan dalam waktu yang akan datang serta dalam kekekalan selama-lamanya. Inilah nama Yehova. Karena itu Tuhan Yesus dapat mengatakan tentang diri-Nya, “Sebelum Abraham jadi, Aku adalah” (Yoh. 8:58, Tl.). Ia pun berkata kepada orang Yahudi “Sebab jikalau kamu tidak percaya bahwa Akulah adalah, kamu akan mati dalam dosamu” dan “Apabila kamu telah meninggikan Anak Manusia, barulah kamu tahu bahwa Akulah adalah” (Yoh. 8:24, 28, Tl.). Tuhan Yesus adalah segala sesuatu yang kita perlukan. Segala apa yang kita perlukan terdapat dalam nama Yesus.
Unsur kedua dalam nama Yesus ialah Penyelamat. Yesus adalah Yehova Juruselamat, Sang Penyelamat yang menyelamatkan kita dari semua perkara negatif dan dosa-dosa kita, dari neraka, dari hukuman Allah, dan dari penghukuman kekal. Dia menyelamatkan kita dari hukuman Allah dan dari segala perkara yang kita benci. Ia menyelamatkan kita dari temperamen kita, menyelamatkan kita dari kekuasaan jahat setan, dari semua dosa dalam kehidupan kita setiap hari, dan dari setiap kebiasaan buruk kita.
Ketiga, Yesus bukan hanya Penyelamat, tetapi juga keselamatan kita. Asal kita berseru, “Tuhan Yesus, datanglah kepadaku, menjadi keselamatanku”, maka Ia akan datang kepada kita sebagai keselamatan itu. Kita mungkin tidak menyadari betapa kita perlu diselamatkan setiap hari bahkan setiap saat. Kalau Tuhan menerangi kita, barulah kita tahu bahwa kita perlu diselamatkan dari banyak perkara. O, nama Yesus mengatasi segala nama (Flp. 2:9-10). Tidak ada nama yang setinggi dan seunggul nama Yesus. Tidak peduli orang membenci Yesus atau mencintai-Nya, orang itu pasti tahu bahwa nama Yesus itu istimewa. Nama ini sanggup melakukan banyak perkara bagi kita.

Doa:
O Tuhan Yesus, aku memanggil nama-Mu dari dasar lobang yang dalam. Engkau mendengar suaraku! Janganlah Kaututupi telinga-Mu terhadap kesahku dan teriak tolongku.Sebab Engkau, ya Tuhan, baik dan suka mengampuni dan berlimpah kasih setia bagi semua orang yang berseru kepada-Mu. Ya TUHAN, kepada-Mu aku berteriak minta tolong, dan pada waktu pagi doaku datang ke hadapan-Mu.

No comments: