Hitstat

16 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 3 Senin

Kristus Adalah Pokok Anggur yang Sejati
Yohanes 15:1
Akulah pokok anggur yang bernar dan Bapa-kulah pengusahanya

Ayat Bacaan: Yoh. 15:1

Pada tahun 1958, Saudara Witness Lee diundang untuk berbicara ke London kepada sekelompok orang Kristen yang menganggap diri mereka sebagai orang-orang yang paling rohani di bumi ini pada waktu itu. Sebenarnya mereka adalah kelompok terakhir dari orang-orang kudus yang berada dalam aliran hayat batini. Saudara Witness Lee tinggal bersama mereka selama empat minggu. Suatu hari mereka membawa Saudara Witness Lee melihat sebuah pohon anggur yang besar, yaitu pohon anggur ratu. Orang-orang Inggris sangat bangga dengan pohon anggur itu.
Ketika orang-orang kudus dari aliran hayat batini itu menanyakan pendapat Saudara Witness Lee mengenai pohon anggur tersebut, dia berkata, “Aku telah melihat sebuah pohon anggur yang jauh lebih besar. Pohon anggur ini memerlukan seluruh bumi untuk penyebarannya. Dalam Yohanes 15 Tuhan berkata, ‘Akulah pokok anggur yang benar’. Ini berarti bahwa sesungguhnya semua pokok anggur yang lain adalah palsu, termasuk pohon anggur ratu itu. Hanya satu pohon anggur yang benar-benar sejati, yakni Kristus.” Ya, Dialah pohon anggur yang sejati. Inilah penyebaran Kristus di seluruh muka bumi.
Berbicara mengenai penyebaran Kristus di bumi, tentu tidak bisa lepas dari membicarakan gereja. Kristus itu tidak kelihatan, namun gereja mengekspresikan Kristus yang tidak kelihatan itu. Kristus dan gereja adalah suatu kesatuan; kita tidak dapat memisahkan keduanya. Kristus adalah kepala gereja, dan gereja adalah Tubuh-Nya. Penyebaran Kristus di seluruh muka bumi hari ini dapat dilihat dari penyebaran gereja-gereja lokal di seluruh muka bumi hari ini. Pertambahan gereja berarti pertambahan Kristus.
Jika cabang-cabang dari pokok anggur tidak menghasilkan buah, maka tidak ada pertambahan pokok anggur. Buah yang dihasilkan dari cabang adalah pertambahan dari pokok anggur. Jadi pertambahan gereja adalah melalui berbuahnya semua anggota tubuh. Semua anggota tubuh harus dapat menghasilkan buah. Bila tidak, tidak akan ada pertambahan gereja. Berbuah adalah hasil kenikmatan kita terhadap Kristus. Pertambahan dan perluasan pokok anggur ini adalah pemuliaan Bapa.

No comments: