Hitstat

27 August 2009

Yohanes Volume 5 - Minggu 4 Jumat

Dianiaya Oleh Dunia
Yohanes 15:20
Ingatlah apa yang telah Kukatakan kepadamu: Seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya. Jikalau mereka telah menganiaya Aku, mereka juga akan menganiaya kamu;...

Ayat Bacaan: Yoh. 15:20-25; Gal. 1:13

Tuhan memberitahu murid-murid-Nya, bilamana mereka ingin mengikuti-Nya di atas jalan hayat, mereka harus siap menanggung aniaya (Yoh. 15:20-25). Bilamana kita ingin mengalami Allah Tritunggal sebagai hayat kita, ingin terbaur dengan Allah Tritunggal, dan saling menjadi tempat kediaman dengan Allah Tritunggal, haruslah siap menyambut aniaya dari agama. Penganiayaan yang menimpa ke atas murid-murid Tuhan, bukannya berasal dari dunia yang milik duniawi, melainkan berasal dari agama-agama yang menyembah Allah dan yang kelihatannya mencintai Allah.
Tuhan berkata kepada murid-murid-Nya bahwa karena Dialah, orang-orang agamawi akan menganiaya mereka, bahkan membunuh mereka. Kita telah nampak, bahwa murid-murid selaku ranting-ranting pohon anggur, adalah Tubuh Kristus, organisme bagi hayat dan ekspresi Allah Tritunggal; sementara dunia yang adalah sistem kosmik adalah sistem yang disusun oleh setan. Sistem agama yang bersifat setani, akan selalu membenci kita.
Dunia agama menganiaya orang-orang yang mengikuti Tuhan di dalam hayat, dikarenakan mereka adalah ranting-ranting pokok anggur yang benar, bersatu dengan Tuhan, bertindak dan melakukan sesuatu di dalam nama Tuhan. Kaum agamawan tidak mengenal Bapa yang adalah sumber Tuhan, maka mereka membenci orang-orang yang sungguh-sungguh mengikuti Tuhan. Karena kaum agama membenci Bapa yang di dalam Putra (Yoh. 15:23), maka itulah mereka pun membenci pada pengikut-pengikut Putra. Pembencian dan penganiayaan ini merupakan dosa mereka di mata Allah (Yoh. 15:22, 24). Dari kesemuanya ini, kita dapat melihat betapa jahatnya agama, sekalipun agama yang terbentuk berdasarkan firman Allah yang kudus.
Galatia 1:13 mewahyukan bahwa ketika Paulus berada dalam agama, dia menganiaya gereja Allah secara berlebihan dan merusaknya. Bagi beberapa orang, agama adalah kata yang positif, tetapi bagi mereka yang melaksanakan kehidupan gereja, agama adalah kata yang negatif. Jika Anda berada dalam gereja, Anda berada di luar agama. Jika Anda dalam agama, Anda tidak dapat berada di dalam kehidupan gereja yang sejati.

No comments: