Hitstat

06 November 2009

Yohanes Volume 8 - Minggu 2 Sabtu

Memberikan Wewenang kepada Murid-Murid-Nya
Yohanes 20:23
Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada

Ayat Bacaan: Yoh. 20:23; Mat. 16:19; 18:15-18

Pada malam kebangkitan, Tuhan Yesus datang dan menghembusi murid-murid-Nya supaya mereka menerima Roh Kudus. Setelah itu, Dia berkata kepada mereka, “Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada” (Yoh. 20:23). Artinya, Tuhan memberikan kuasa kepada murid-murid untuk mewakili Dia, mengampuni orang, memberikan kuasa kepada mereka untuk membelenggu dan membebaskan. Inilah kuasa mengampuni orang atau menetapkan dosa orang.
Tatkala kita dalam Roh Kudus dan dipenuhi Roh Kudus, kita akan berkuasa menetapkan dapat tidaknya seseorang telah diampuni oleh Allah. Jikalau kita mengatakan ia sudah diampuni, maka ia pun pasti sudah diampuni. Tetapi kuasa ini harus pula dalam persekutuan tubuh dan untuk persekutuan tubuh. Dalam persekutuan tubuh, barulah kita berkuasa mewakili Allah untuk mengampuni orang dan hanya untuk tubuh pula barulah kita dapat mewakili Allah untuk menerima orang yang diampuni Allah masuk ke dalam gereja, yakni Tubuh-Nya. Matius 16:19 dan 18:15-18 dengan jelas memperlihatkan kepada kita bahwa gereja di bumi memiliki kuasa untuk melepaskan dan mengampuni orang sesuai dengan apa yang telah terikat dan terlepas di sorga (Mat 18:18). Puji Tuhan! Allah telah memberi kuasa kepada gereja dan Dia akan melakukan apa saja yang dikatakan gereja dengan kuasa ini.
Ketika kita memakai kuasa ini, doa kita akan mencapai sasaran. Dalam sidang doa gereja, kita harus sehati melatih kuasa ini agar apa yang kita doakan seturut dengan kehendak Allah dapat terlaksana di bumi seperti di sorga. Hanya doalah yang bisa membangkitkan kuasa ini. Untuk berbagian dalam kuasa ini kita harus berdoa. Tidak ada hal lain yang bisa membuat kuasa Allah bekerja selain doa. Jadi, doa semacam ini sangat diperlukan di dalam gereja. Semua orang di antara kita harus belajar doa kuasa ini. Dalam gereja banyak hal yang ingin Allah kerjakan, namun Dia menunggu kita, gereja-Nya, menggunakan kuasa dalam doa gereja untuk merampungkan pekerjaan-Nya. Menggunakan kuasa ini adalah hak istimewa yang Tuhan berikan kepada gereja-Nya!

No comments: