Hitstat

14 November 2009

Yohanes Volume 8 - Minggu 4 Minggu

Mengalami Penyertaan-Nya yang Tidak Kelihatan
Yohanes 21:1
Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau Tiberias dan Ia menampakkan diri sebagai berikut

Ayat Bacaan: Yoh. 21:1-14; Kis. 1:3

Kita perlu mengetahui mengapa setelah Yohanes 20 masih ada Yohanes 21, yaitu setelah kata-kata penutup masih ditambah satu pasal lagi. Pasal ini menampakkan kepada kita, setelah kita terlahir kembali dengan ajaib dan ilahi sebagai anak-anak Allah, kita masih di dunia ini, kita tetap berada di bumi ini, kita masih dalam waktu, kita masih mempunyai beberapa keperluan yang riil, kita masih mempunyai masalah riil yang harus dibereskan. Karena itu, Roh Kudus selanjutnya menulis lagi satu pasal.
Yohanes 21:1 mengatakan, “Kemudian Yesus menampakkan diri lagi kepada murid-murid-Nya di pantai danau (laut) Tiberias.” Ini membuktikan bahwa kedatangan-Nya kepada murid-murid dalam 20:26 sebenarnya adalah suatu penampakan diri, karena di sini dikatakan bahwa Dia “menampakkan diri lagi.” Sekali lagi, Ia melatih mereka agar mereka terbiasa dengan penyertaan-Nya yang tidak terlihat. Ini bukan masalah kedatangan-Nya, melainkan masalah penampakan diri-Nya. Tak peduli apakah mereka merasakan penyertaan-Nya atau tidak, Dia senantiasa bersama dengan mereka. Karena kelemahan mereka, adakalanya Dia menampakkan penyertaan-Nya untuk memperkuat iman mereka terhadap-Nya.
Dalam Injil Yohanes tidak ada firman atau petunjuk yang menunjukkan bahwa Tuhan meninggalkan murid-murid setelah menghembuskan diri-Nya ke dalam mereka. Sebenarnya Dia tinggal bersama mereka, meskipun mereka tidak sadar akan penyertaan-Nya. Adakalanya Tuhan menampakkan diri kepada mereka, itu adalah manifestasi-Nya. Sebelum Tuhan mati, Dia berada di dalam tubuh daging, penyertaan-Nya terlihat jelas. Setelah Tuhan bangkit, Dia menjadi Roh itu, penyertaannya tidak terlihat. Penampakan atau penampilan-Nya setelah kebangkitan-Nya adalah untuk melatih murid-murid menyadari, menikmati, dan terbiasa dengan penyertaan-Nya yang tidak terlihat yang sebenarnya lebih praktis, lebih unggul, lebih mustika, lebih limpah, dan lebih riil daripada penyertaan-Nya yang terlihat. Penyertaan-Nya yang indah ini berada di dalam Roh itu dalam kebangkitan. Hari ini kita perlu tinggal dalam penyertaan-Nya yang tidak terlihat ini dengan jalan senantiasa berdoa (1 Tes. 5:17).

No comments: