Hitstat

08 November 2009

Yohanes Volume 8 - Minggu 3 Senin

Bersidang bersama Kaum Beriman dalam Kebangkitan
Yohanes 20:26
Delapan hari kemudian murid-murid Yesus berada kembali dalam rumah itu dan Tomas bersama-sama dengan mereka. Sementara pintu-pintu terkunci, Yesus datang dan Ia berdiri di tengah-tengah mereka dan berkata: “Damai sejahtera bagi kamu!”

Ayat Bacaan: Yoh. 20:19-31; Ibr. 10:21-26

Tomas tidak hadir pada sidang pertama beserta murid-murid setelah Tuhan bangkit. Dalam sidang pertama dengan murid-murid setelah kebangkitan Tuhan, ada penyertaan Tuhan, damai sejahtera, pengutusan Tuhan, hembusan serta kuasa untuk membelenggu dan membebaskan. Oh, kita sungguh-sungguh tidak boleh terluput dari sidang gereja yang mana pun. Kita tidak boleh mengatakan itu tidak mengapa, kita mau istirahat di rumah. Kalau Tuhan datang, kita akan seperti Tomas, kehilangan kesempatan berjumpa dengan Dia. Tomas tidak mendapat visi, tidak menemukan, juga tidak mengalami kebangkitan Tuhan, hanya karena ia tidak mengikuti penyegaran pagi dan sidang gereja. Ia belum memperoleh wahyu yang menjelaskan bahwa murid-murid adalah saudara-saudara Tuhan, juga anak-anak Allah. Ia pun tidak memperoleh damai sejahtera, hembusan Roh Kudus, amanat ilahi serta kuasa. Ia beroleh selamat, ia seorang saudara, tetapi hanya karena ia tidak mengikuti sidang kali itu, ia kehilangan banyak hal.
Pada pagi hari, kita masing-masing wajib memiliki waktu pribadi bersama Tuhan, tetapi pada malam hari, kita wajib datang ke dalam sidang gereja. Kita sungguh perlu bersama-sama dengan saudara saudari lainnya! Ketika itu, Tuhan akan membawakan sesuatu yang lain, yang lebih banyak dan yang lebih besar. Janganlah cepat puas diri karena pengalaman indah Anda bersama Tuhan di waktu pagi. Jangan pula mengatakan asal ada penyegaran pagi sudah cukup, Anda masih perlu datang ke dalam sidang gereja berkumpul bersama kaum saleh. Penyegaran pagi tidak dapat menggantikan sidang malam, sidang malam pun tidak dapat menggantikan penyegaran pagi. Terhadap Allah, segala sesuatu memiliki dua aspek, ada aspek pribadi dan aspek korporat.
Pada pagi hari Maria mendapatkan sesuatu yang segar pertama kali. Namun ia masih perlu sesuatu yang lain—damai sejahtera, utusan, hembusan dan amanat. Semua ini hanya dapat diperoleh dalam sidang gereja. Amanat Tuhan diberikan kepada gereja, bukan kepada pribadi, maka kita wajib berada dalam gereja barulah dapat diutus. Amanat ialah perkara tubuh, maka kita wajib berada dalam gereja, dan diutus melalui gereja.

No comments: