Hitstat

16 January 2011

Roma Volume 5 - Minggu 4 Minggu

Kenakanlah Yesus Kristus
Roma 13:14
Tetapi kenakanlah Tuhan Yesus Kristus dan janganlah menuruti daging untuk memuaskan keinginannya (Tl.).

Ayat Bacaan: Rm.13:8--12; 13:14; 2 Kor 3:17

Dalam Roma 13:12 dikatakan kita harus mengenakan “perlengkapan senjata terang”, sedang dalam Roma 13:14 dikatakan kita harus mengenakan “Tuhan Yesus Kristus”. Jika kedua ayat itu digabungkan, kita nampak bahwa senjata terang itu adalah Tuhan Yesus Kristus sendiri. Bahkan frase “janganlah menuruti daging” berhubungan dengan Roma 8:12, yang dikatakan Paulus, “Kita adalah orang berhutang, tetapi bukan kepada daging, supaya hidup menurut daging.” Peperangan yang tercantum dalam Roma 13:14 merupakan peperangan antara hawa nafsu dengan Roh Kudus. Kristus adalah Roh Kudus (2 Kor. 3:17). Karena itu kita harus mengenakan Kristus untuk berperang melawan hawa nafsu kita dengan mengenakan Tuhan Yesus Kristus sebagai perlengkapan senjata terang.
Apa artinya mengenakan Kristus? Makna sebenarnya dari mengenakan Kristus ialah hidup bersandar Kristus dan mengekspresikan Kristus. Sungguhpun kita berada dalam Kristus, kita masih perlu hidup bersandar Kristus, dan dengan riil mengekspresikan Kristus. Kita wajib menempuh hidup sehari-hari bersandar Kristus dan mengekspresikan Kristus, yang merupakan senjata kita untuk mengalahkan daging. Paulus menasihati kita, “Janganlah menuruti daging.” Apa artinya menuruti daging? Karena hal ini sukar dimengerti, kita akan melihat sedikit perumpamaan. Masyarakat dewasa ini gelap dan jahat, dan penuh dengan benda-benda pemuas daging. Musuh pun telah mempe-ralat televisi yang selalu mensuplai makanan bagi daging kita yang lapar. Kita tidak mengatakan bahwa orang Kristen tidak boleh menonton bioskop atau televisi, tetapi lebih baik kita menghindarinya jauh-jauh. Jangan mengira kita kuat. Andaikata di sana ada sebuah sumur yang dalam, kalau kita tidak mau jatuh ke dalamnya, kita harus menjauhinya, jangan berjalan-jalan di sekitarnya. Kita wajib berdoa, “Tuhan, menontonlah bersamaku. Di dalam rohku menonton bersamaku.” Kalau Anda dapat berdoa demikian, mungkin Anda tidak salah menontonnya. Kalau tidak, lebih baik Anda tidak menonton. Kita perlu hidup mengenakan Kristus. Maka Kristus akan menjadi perlengkapan senjata kita untuk melawan hawa nafsu daging.

Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah. (3 Yoh. 1:11b)

No comments: