Hitstat

29 January 2011

Roma Volume 6 - MInggu 2 Sabtu

Allah Menghancurkan Iblis
Roma 16:20
Semoga Allah, sumber damai sejahtera, segera menghancurkan Iblis di bawah kakimu. Anugerah Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!

Ayat Bacaan: Rm. 16:20

Penghancuran Iblis oleh Allah berhubungan dengan hidup gereja. Di ayat ini Allah berjanji bahwa Dia akan menghancurkan Iblis di bawah kaki orang-orang yang menempuh hidup gereja. Bila kita tidak berada dalam gereja, tidak menempuh hidup gereja, sukarlah bagi Allah untuk menghancurkan Iblis di bawah kaki kita. Hidup gereja merupakan senjata ampuh bagi Allah untuk menaklukkan Iblis. Bila kita memisahkan diri dari gereja, kita segera menjadi makanan Iblis, sebab kita sukar berperang melawan Iblis secara pribadi. Menanggulangi Iblis adalah perkara Tubuh, bukan perkara perorangan. Puji Tuhan, ketika kita berada dalam gereja dan bersatu dengan Tubuh, Iblis berada di bawah kaki kita, dan kita pun menikmati Allah sebagai Allah sumber damai sejahtera dalam hidup gereja.
Kemudian, rasul memberi berkatnya dengan mengatakan, “Kasih karunia Yesus, Tuhan kita, menyertai kamu!”. Ini membuktikan bahwa kasih karunia Tuhan Yesus disalurkan kepada semua orang beriman dalam hidup gereja. Banyak orang beriman kehilangan kasih karunia ini, karena mereka terpisah dari hidup gereja. Kita semua dapat bersaksi, bila kita hidup dalam gereja dan melaksanakan kehidupan Tubuh bersama kaum beriman, kita akan menikmati kasih karunia Tuhan yang melimpah. Hidup gereja memungkinkan kita tidak hanya menghancurkan Iblis di bawah kaki kita, sehingga kita mengalami Allah sebagai sumber damai sejahtera, tetapi juga memungkinkan kita menikmati kasih karunia yang kaya dari Tuhan.
Saudara saudari, bila onggokan batu bara yang sedang membara diambil dan diserakkan di lantai. Apakah yang akan terjadi? Batu bara yang berse-rakan itu tentu akan menjadi batu bara yang dingin dan mati. Seringkali, Iblis mengambil kita dari tungku gereja, membujuk kita meninggalkan hidup gereja, sehingga kita tidak bisa membara. Bila kita tidak ingin dingin dan mati, kita harus sering menghadiri sidang gereja. Sidang gereja adalah tempat Allah memberi berkat, juga tempat manusia menerima anugerah, lebih-lebih adalah tempat kaum beriman memamerkan anugerah yang diterimanya untuk memuliakan Allah, memalukan Iblis, dan menyuplai orang lain.

Supaya melalui kematian-Nya Ia memusnahkan dia, yaitu Iblis yang berkuasa atas maut. (Ibr. 2:14b)

No comments: