Hitstat

28 January 2011

Roma Volume 6 - Minggu 2 Jumat

Waspada terhadap Perpecahan
Roma 16:17
Tetapi aku menasihatkan kamu, Saudara-saudara, supaya kamu waspada terhadap mereka yang menimbulkan perpecahan dan batu sandungan, bertentangan dengan pengajaran yang telah kamu terima. Hindarilah mereka!

Ayat Bacaan: 2 Tes. 3:6, 14

Pada akhir Roma 16 Paulus juga membicarakan suatu hal yang bersifat negatif, ia dengan sangat tegas mengatakan bahwa kita harus menghindari orang-orang yang mengajarkan ajaran yang berbeda, yang membuat perpecahan, dan yang menyebabkan orang lain tersandung. Pada ayat 17 Paulus mengatakan, “pengajaran” yang telah kamu terima. Pengajaran apakah itu? Itulah pengajaran yang diberitakan rasul, seperti yang tercantum dalam seluruh surat Roma. Setiap ajaran yang bertentangan dengan ajaran rasul, akan menyebabkan perpecahan. Bahkan pada zaman Paulus sudah ada orang yang memberitakan ajaran-ajaran yang bertentangan, yang menimbulkan perpecahan. Kalau pada zaman Paulus kesukaran-kesukaran itu bisa menimpanya, apalagi pada zaman sekarang ini, sebab musuh kita luar biasa liciknya.
Ada empat macam orang yang tidak bisa kita toleransi: orang-orang yang memecah-belah, bergolong-golongan, menyembah berhala, atau masih hidup dalam dosa. Kita menerima siapa saja yang tidak termasuk dalam kategori ini karena kita tidak memecah-belah, tetapi kita tidak dapat pergi ke pertemuan-pertemuan mereka karena pertemuan-pertemuan mereka itu terpecah-belah. Dua Tesalonika 3:6 dan 14, prinsipnya sama dengan Roma 16:17. Paulus me-ngatakan bahwa beberapa orang tidak melakukan pekerjaannya dan yang tidak menurut ajaran yang telah diterima dari dia. Kita harus menandai orang-orang ini, menjauhkan diri dari mereka, dan tidak bergaul lagi dengan mereka. Jika tetap bergaul dengan mereka, berarti memperkuat roh mereka yang bersifat memecah-belah. Ini akan membantu mereka agar tidak menyebabkan lebih banyak perselisihan.
Hendaklah kita bertanya pada diri sendiri, apakah itu bertentangan dengan ajaran rasul? Apakah itu akan mengakibatkan perpecahan? Jangan mengira bahwa kita tidak mungkin tertipu. Kita wajib selalu waspada! Kita harus menjaga kemurnian kita di dalam persekutuan kita. Tujuannya adalah memelihara keesaan Tubuh Kristus, supaya kita dapat menempuh hidup gereja yang normal.

Seorang yang menyebabkan perpecahan, apabila sudah satu dua kali kaunasihati, hendaklah engkau jauhi. (Tit. 3:10)

No comments: