Hitstat

26 January 2011

Roma Volume 6 - Minggu 2 Rabu

Penuh Berkat Kristus
Roma 15:29
Dan aku tahu bahwa jika aku datang mengunjungi kamu, aku akan melakukannya dengan penuh berkat Kristus.

Ayat Bacaan: Rm. 11:36; 15:29; 16:25-27

Dari ayat ini kita nampak, betapa rindunya Paulus untuk datang ke tengah-tengah kaum beriman di Roma. Paulus pergi kepada orang-orang bukan Yahudi dengan membawa Kristus, lalu kembali kepada saudara-saudara Yahudi dengan membawa harta benda, dan ia pun berharap mengunjungi Roma dengan penuh berkat Kristus. Inilah hidup gereja. Hidup gereja penuh dengan Kristus, penuh dengan kasih dalam persekutuan harta benda, bahkan penuh dengan berkat Kristus. Kiranya Kristus dapat dilayankan kepada semua orang di mana saja, sehingga orang-orang akan menanggapi dengan ketulusan dan kasih dalam mempersembahkan harta benda mereka, serta saling berbagian dalam kenikmatan atas berkat Kristus yang melimpah. Jangan menjadi orang yang ke mana-mana hanya memberitakan kebenaran yang doktrinal. Ke mana saja kita pergi, kita wajib membawakan berkat Kristus yang melimpah. Tetapi kalau kita ingin membawakan berkat Kristus, kita sendiri harus terlebih dahulu mengalami berkat itu.
Paulus dapat membawakan berkat Kristus yang melimpah ke berbagai tempat, karena ia sendiri telah memiliki pengalaman yang melimpah ter-hadap berkat Kristus itu. Ketika kita mengunjungi gereja-gereja di mana saja, hendaklah kita membawa berkat Kristus yang melimpah, jangan membawa ajaran-ajaran maupun karunia-karunia. Kalau kita memiliki realitas Kristus, kita akan mencurahkan diri kita sebagai ekspresi kasih terhadap kaum beriman yang kekurangan. Paulus sangat berhikmat dengan memberikan sebuah lukisan tentang hidup gereja yang normal, yang dapat dialami, bukan yang teoritis. Pada diri Paulus kita nampak pengalaman atas segala kelimpahan Kristus. Tatkala ia datang dan membawakan berkat Kristus yang melimpah kepada orang-orang, itu berarti ia melayani mereka dengan menyuplaikan kelimpahan Kristus.
Semakin kita melayani dan menyembah Allah di dalam roh kita di dalam Injil Putra-Nya, semakin kita akan menikmati kepenuhan berkat Kristus, dan semakin kita akan mempersembahkan pujian kepada Allah (Rm. 15:29; 16:25-27). Kiranya Allah sumber damai sejahtera, menyertai kita sekalian! Amin!

Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia: Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya! Amin. (Rm. 11:36)

No comments: